HETANEWS.COM

Josua, Pencuri Kereta Dinas Polisi Diancam 2 Tahun Penjara

Josua, pencuri kereta dinas polisi, diancam 2 tahun penjara. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Dasar pencuri jaman now, gak lihat tempat, dan gak lihat kendaraan yang mau dicuri. Maling yang satu ini nekat mencuri di asrama Polsek Tiga Balata. Seperti ular mencari pentungan atau nekat mencuri di kandang macan. Itulah petuah yang pantas buat Josua Apriyanto Nainggolan als Josua, pencuri sepeda motor dinas milik Polri.

Akibat ulah nekatnya itu, terdakwa Josua Apriyanto Nainggolan als Josua (24), warga Kota Pematangsiantar, dituntut hukuman 2 tahun penjara oleh jaksa, M. Nasution, di PN Simalungun, Selasa (28/7/2020). 

Melalui sidang online tersebut, terdakwa dipersalahkan jaksa, melanggar pasal 363 (1) ke 4 dan ke 5 KUH Pidana.

Menurut jaksa penuntut umum, Josua telah terbukti bersama dengan Joyce Voice Sinaga (disidangkan terpisah karena berstatus belum dewasa/anak), melakukan percobaan pencurian, di Polsek Tiga Balata, pada Sabtu, 9 Mei 2020, lalu.

Malam itu, keduanya berangkat dari Kota Pematangsiantar dan berniat melakukan pencurian, di daerah jalan Parapat.

Dengan mengendarai Honda Vario BK 4893 WAI, mereka masuk ke pelataran asrama Polsek dengan memanjat tembok karena portal sudah ditutup.

Lalu membuka paksa stang sepeda motor dinas polisi, merk Kawasaki KLX 150 II-2709-35, milik saksi korban Jonni Timbul Sitompul.

Saat menggunting kabel, dilihat saksi Hotdian Tindaon, Candi Syahputra Pardede, dan Jefrri Harianja, yang sedang melintas dengan mobil Innova putih. Terdakwa bersama Joyce, melarikan diri ke arah Pematangsiantar dan dikejar saksi.

Para pelaku berhasil diamankan dan diproses sesuai hukum yang berlaku. Menanggapi tuntutan jaksa, terdakwa memohon kepada hakim agar hukumannya diringankan.

"Saya mohon dihukum seringan-ringannya yang mulia saya berjanji tidak akan mengulangi lagi dan menyesali perbuatan saya,"katanya.

Untuk putusan, sidang ditunda hingga sepekan.

Penulis: rahayu. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Komentar 1
  • Johan
    Dasar penulis berita jaman now...
    Ya namanya maling mana pandang bulu mau apa siapa dan dimana korbannya.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!