HETANEWS.COM

Longsor Embong, Warga Nilai Pemprovsu dan Pemkab Simalungun Abai Keselamatan Pengendara

Foto : Tampak longsor embong yang sudah memakan korban jiwa

Simalungun, hetanews.com- Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simaluingun, dinilai warga Embong, abai dengan keselamatan pengguna jalan.Jalan Saribu dolok, Embong, Nagori Marjandi, Kecamatan Panombean Panei, Kabupaten Simalungun.

Hal ini dikarenakan longsor hingga memakan sebagian badan jalan tak jua diperbaiki meskipun sudah berlangsung lama.

Pantauan awak media di sekitar lokasi, tidak ada rambu-rambu peringatan bahwa ada di lokasi tersebut ada jalan longsor, tidak ada garis BPBD di sekitar lokasi longsor dan jalan di lokasi juga tidak ada lampu penerangan yang cukup.

Hal ini jelas sangat berbahaya bagi setiap penguna jalan, terlebih saat malam hari. Jalan longsor tersebut memiliki kedalaman hingga 2 meter dan berdiameter 1,5 meter.

Menurut keterangan warga sekitar, Hadi (30) mengatakan bahwa jalan longsor tersebut sudah berulangkali memakan korban. Tercatat sudah 3 kali mobil terperosok masuk.

“Sudah 3 kali mobil masuk ke sana dan semuanya di malam hari, mobil yang masuk ke lubang tidak diderek tetapi warga gotong-royong menarik mobil tersebut.” katanya.

Disinggung terkait luka yang diderita pengendara akibat masuk ke jurang, dikatakannya sampai saat ini tidak ada sampai luka luar tetapi mereka syok.

Dia pun meminta kepada Pemerintah Provinsi dan pemerintah Kabupaten saling bahu membahu agar jalan tersebut segera diperbaiki.

“Kalaupun belum bisa diperbaiki, harusnya dibuat plank peringatan dan ditimbun tanah di pinggir jalan longsor agar pengendara bisa tahu kalau ada kerusakan di jalan itu,” tambahnya.

Dikonfirmasi kepada BPBD Simalungun terkait ketiadaan rambu peringatan jalan longsor dan tidak adanya garis BPBD, Kadis BPBD Rizal Saragih mengatakan bahwa itu urusan Provinsi.

“Kalau itu urusan provinsi, bukan dari BPBD Simalungun.” ungkapnya.

Sementara itu, saat jalan longsor di Pondok 8 Nagori Marubun Jaya Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun yang merupakan jalan Provinsi, BPBD Simalungun juga turut membantu sementara di jalan longsor di Embong BPBD Simalungun tidak ikut turun.

Hal yang sama juga terjadi saat jalan lintas Sumatera di desa Sualan, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun longsor, BPBD Simalungun ikut membantu.

Penulis: juindra. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!