HETANEWS.COM

Geliat Pilkada Siantar, Membunuh Daya Kritis Masyarakat

Ilustrasi : Pilkada Serentak 2020

Siantar, Hetanews.com – Sejak tahun 2005 Indonesia mengusung pilkada langsung sesuai amanat UU No.32 Tahun 2004 tentang pemerintahan daerah (Pemda), yang mengatur Pilkada secara langsung dan calon diusulkan parpol atau gabungan dari parpol.

Siantar, salah satu kota yang sejak dulu masyarakatnya sangat aktif dalam mendiskusikan geliat politik nasional dan lokal, pun tak luput dari kegelisahan masyarakatnya terhadap  pesta demokrasi (pilkada langsung), yang sampai detik ini masih memunculkan satu calon tunggal.

Budaya adu argument, adu gagasan, sampai debat menghiasi seantero kolong langit di kota ini, dari warung kopi pinggiran sampai tengah kota, masyarakat kerap didapati gandrung untuk berdiskusi.

Pilkada langsung kota Siantar yang sampai detik ini hanya memunculkan satu calon tunggal melawan kotak kosong, dirasa sangat memprihatinkan. Terjadi degradasi kesadaran politik rakyat secara besar-besaran.

Perlawanan pada kotak kosong membuat banyak diskursus kota Siantar sepi dan cenderung mengarah ke sikap apolitis. Tak ada semangat berdiskusi, tak ada riak adu gagasan, sepi debat, sampai  matinya ruang ruang dialektika di pojokan tongkrongan warga.

Baca juga: 27 juli (Kudatuli) dan Realitas Kepartaian Kita

Siantar yang dulu bisa dikatakan sebagai barometer dinamisasi perpolitikan nasional yang sehat, hari ini berada di jurang keapatisan berpolitik.

Masyarakat diberbagai sudut kota, dalam berbagai aspirasinya kerap mengeluhkan kotak kosong sebagai kecendrungan utama mereka malas untuk aktif merespon setiap perkembangan terkini terkait pilkada kota Siantar.

Masyarakat seolah tak punya pilihan, sementara Pilkada seyogyanya memberi kesempatan pada masyarakat untuk mencari orang orang yang mewakili mereka.

Partai politk sebaiknya hadir untuk memberi opsi lebih calon-calon representatif daripada sekadar menang kalah demi kepentingan politik.

Penulis: tim. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!