HETANEWS.COM

Pemandangan Kumuh dan Jorok di Inti Kota Siantar, Sampah Menumpuk di Pinggir Jalan Merdeka

Tempat sampah di pinggir jalan Merdeka Siantar mengakibatkan kondisi inti kota tampak kumuh dan jorok. (foto/ay)

Siantar, hetanews.com - Tak layak dan tidak sepantasnya, bak sampah Pasar Horas ditempatkan, di bawah tangga penyeberangan atau tepatnya di pinggir jalan utama (Jalan Merdeka) Kota Siantar. Pandangan ini semakin menunjukkan kota tersebut benar – benar kotor dan sumber bau. Hal itu sesuai pantauan Hetanews, Senin (27/7/2020), saat melintas dari lokasi.

Selayaknya, bak sampah ini dipindahkan karena jalan Merdeka, merupakan jalan protokol atau inti kota.

Harusnya, jalan protokol tertata bersih dan enak dipandang, bukan kumuh seperti ini. Meski ini adalah kawasan pasar, sudah seharusnya saling menjaga kebersihan lingkungan.

Ironisnya, masyarakat pedagang juga tampak meletakkan sampahnya, bukan didalam bak sampah, tapi ditumpukkan sembarangan, di pinggir jalan.


Tumpukan sampah juga tampak di tengah jalan sehingga kondisi kawasan jalan Merdeka Siantar benar - benar jorok dan kumuh. (foto/ay)

Terlihat saat tim Hetanews mengambil gambar, dalam lingkaran itu, sampah yang diletakkan di pinggir jalan bukan didalam bak sampah yang sudah tersedia. Tak ada kesadaran masyarakat pedagang dalam membuang sampah.

Kawasan jalan Merdeka, di bawah tangga penyeberangan sangat becek, kotor dan menimbulkan bau yang sangat menyengat. Sehingga sulit dilintasi pejalan kaki dan juga kendaraan bermotor.

Seperti diungkapkan Suratman, salah seorang warga yang sedang parkir dan menemani istrinya, berbelanja. "Bau sekali,"katanya singkat, ketika melihat wartawan mengambil foto.

"Tidak ada kesadaran dan pemerintah juga tidak tegas menerapkan kebersihan pasar,"katanya, pagi itu.

Pemerintah Kota harus segera memindahkan bak sampah tersebut. Masyarakat pedagang juga jangan seenaknya membuat tumpukan sampah, di sepanjang jalan Merdeka, kawasan Pasar Horas, sarannya.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!