HETANEWS.COM

Demokrat Tantang Calon Kepala PDIP di 16 Daerah

Partai Demokrat akan menantang calon kepala daerah dari PDIP di 16 wilayah. Ilustrasi. Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat).

Jakarta, hetanews.com - Sekretaris Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengatakan pihaknya menyiapkan koalisi dan pasangan calon di 16 daerah Pilkada Serentak 2020 untuk melawan partai penguasa, PDIP.

Kamhar mengakui memang dinamika koalisi di tingkat nasional dan daerah tak selalu sama. Namun Demokrat memastikan akan menjadi lawan PDIP pada pilkada kali ini.

"Banyak juga daerah yang selaras dengan relasi antar parpol di pusat. Di antara paslon-paslon yang telah ditetapkan diberbagai daerah, Partai Demokrat berhadap-hadapan dengan pasangan calon yang dijagokan PDIP," kata Kamhar lewat keterangan tertulis, Sabtu (25/7).

Untuk di Medan misalnya, Kamhar menyebut Demokrat mengusung Akhyar Nasution-Salman Al Farisy  untuk bertarung dengan mantu Presiden Joko Widodo, Bobby Nasution di Medan. Lalu di Kota Binjai, Demokrat usung Juliadi-Amir Hamzah yang berpotensi melawan Lisa Lubis-Sapta Bangun.

Di Tangerang Selatan, Demokrat mengusung putri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Sitti Nur Azizah. Koalisi Demokrat-PKS akan menghadapi koalisi Gerindra- PDIP yang mengusung Muhammad-Rahayu Saraswati.

Sementara di Surabaya, Demokrat mengusung Machfud Arifin di Surabaya. PDIP hingga saat ini belum mengumumkan calon pengganti Risma. Namun Kamhar memastikan Demokrat tak akan berkoalisi dengan PDIP di Surabaya.

Di Batanghari, Demokrat bersama PAN mengusung Hafiz-Camelia Putri Astuti. Di Agam, Demokrat berkoalisi dengan PAN untuk mengusung Andriwarman-Irwan Fikri. Lalu di Bintan, Demokrat dan Golkar sama-sama mengusung Apri Sujadi-Roby Kurniawan.

Demokrat dan Golkar kembali berkoalisi di Dumai dengan mengusung Eko Suharjo-Delzar Syamsir. Sementara di Manado, mereka berkoalisi dengan PAN mengusung Mor Bastiaan-Hany J. Pantouw.

Di Makassar, ada Munafri Arifuddin-Abd Rahman Bando (Demokrat-PPP). Di Karawang, Demokrat mengusung Cellica. Sementara di Lamongan, partai berlogo mercy mengusung Yuhronur Effendi-Abdul Rouf.

Selanjutnya, ada Ibnu Sina-Arifin Noor di Banjarmasin, Barkati-M. Darlis di Samarinda, dan Iye Iman Rohiman-Awab di Cilegon. Sementara di Denpasar, Golkar akan berkoalisi dengan Golkar meski belum ada nama yang diusung.

"Dari seluruh daerah pilkada di atas, Partai Demokrat optimis dapat memenangkan minimal 70 persen," ucapnya.

Kamhar menuturkan Demokrat telah menetapkan 160 pasangan calon kepala daerah untuk Pilkada 2020. Sebanyak 112 di antaranya telah menerima surat keputusan dari Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Sumber: cnnindonesia.com

Editor: tom.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!