Toba, hetanews.com - Dalam rangkaian kerja selama tiga hari di Kabupaten Toba, Kapolda Sumatera Utara (Sumut), Irjen Pol Drs Martuani Sormin, M.Si, bersama dengan Bupati Kabupaten Toba, Ir Darwin Siagian, menghadiri bakti sosial dan panen raya, dalam rangka ketahanan pangan, di Desa Lumban Holbung, Kecamatan Uluan, Kabupaten Toba, Jumat (24/7/2020).

Secara simbolis, Kapolda juga memberikan bantuan bibit jagung kepada warga Desa Lumban Holbung. Menurut Kapolda, kegiatan ini dalam rangka ketahanan pangan, mengantisipasi dampak dari corona.

Bantuan yang diberikan, berupa bibit jagung, bantuan benih ikan dan bantuan sembako, ujarnya.

Irjen Pol Drs Martuani Sormin, juga mengajak masyarakat Desa Lumban Holbung, Kecamatan Uluan, agar termotivasi menjadi desa yang maju dan lebih unggul di Kabupaten Toba.

Dia juga mengingatkan masyarakat untuk menghindari judi, miras dan narkoba, karena akan membuat orang malas bekerja.

Setelah selesai mengadakan panen raya padi,  Kapolda Sumut dan Bupati Toba, beserta rombongan, melanjutkan perjalanan ke Desa Siregar Aeknalas, sekitar 10 Km dari Desa Lumban Holbung.

Di Desa Siregar Aeknalas, Kapolda beserta Bupati Toba, menabur bibit ikan mujahir dan nila, di empang milik masyarakat Desa Siregar Aeknalas.

Tiba dipemukiman warga, Kapolda Sumut diulosi oleh tokoh masyarakat Siregar Aeknalas sambil diiringi musik Tortor dari sanggar seni Tangiang Ni Dainang Kecamatan Ajibata.

Selanjutnya, Kapolda dan Bupati Toba, menyerahkan bibit jagung serta bantuan sembako dari Kapolda Sumatera Utara.

Kapolda Sumut terlihat begitu senang karena menganggap Desa Siregar Aeknalas, juga sebagai kampung halaman sendiri. Karena di desa tersebut adalah satu marga dengan Kapolda yaitu marga Siregar/Sormin.

Kemudian Kapolda Sumut mengajak masyarakat Desa Siregar Aeknalas untuk diskusi dan bercengkrama tentang kegiatan serta harapan masyarakat kepada kepolisan Sumatera Utara.

Kapolda Sumut juga memberi cendramata bagi warga yang mau memberikan pertanyaan bagi Kapolda Sumut.

Setelah selesai bercengkrama dan berdiskusi dengan masyarakat Desa Siregar Aaeknalas, Kapolda Sumut, beserta rombongan meninggalkan acara untuk melanjutkan perjalanan ke Balige.

Turut menghadiri acara kegiatan tersebut, Wakil Bupati Kabupaten Toba, Hulman Sitorus, Kapolres Toba Samosir, AKBP Akala Fikta Jaya, S. Ik, Sekda Kabupaten Toba, Audhi Murphi Sitorus, Camat Uluan, Hendry Butar Butar, Kabag Humas, Robinson Siagian, Kadis Infokom, Lalo H. Simanjuntak, Kadis Inspektorat, Wallen Hutapea, Kadis Pertanian, Jerri Silaen, Kadis Ketapang, Marsarasi Simanjuntak, Kadis PMD, Henri Silalahi, Staff Ahli Darwin Sianipar, Camat Nassau, Timbul Sipahutar, dan para Kepala Desa di Kecamatan Uluan.