HETANEWS.COM

Ferry Sinamo Soroti Banyak Kasek Masih Pelaksana Tugas

Ferry Sinamo. (foto/leo)

Siantar, hetanews.com – Wakil Ketua Komisi II DPRD Siantar, Ferry Sinamo menyoroti masih banyaknya Kepala Sekolah (Kasek) berstatus Pelaksana Tugas (Plt).

Kata Ferry, hal itu suatu saat akan menjadi bom atom yang memberatkan siswa.

Menurutnya, kepala sekolah itu harus yang defenitif karena Plt Kasek, tidak bisa mengambil keputusan atau tindakan.

"Yang jelas, ibu tidak memahami undang-undang itu, karena banyaknya Plt maupun Plh Kepala Sekolah dan sekarang muncul lagi Kepala Sekolah yang tidak memiliki NUKS. Ironisnya, tidak berhak Kepala Sekolah menandatangani dana BOS, kalau tidak punya Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS),"ujarnya saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Pendidikan Siantar yang dihadiri Plt Kepala Dinas Pendidikan Siantar, Rosmayana, Kamis (23/7/2020).

Politisi PDIP Siantar itu, meminta Kepada Dinas Pendidikan agar lebih serius menangani dunia pendidikan.

Menanggapi Ferry Sinamo, Rosmayana menjelaskan, pihaknya sudah melakukan beberapa upaya untuk mengatasi masalah Plt maupun Plh Kasek tersebut.

"Kita sudah melakukan segala upaya dan kita juga sudah berkoordinasi dengan kementerian pendidikan. Kita juga sudah melakukan diklat. Jadi kalaupun sampai saat ini, para kepala sekolah itu belum bisa kita lantik, maupun kita defenitifkan karena sampai saat ini, tidak ada calon kepala sekolah yang memiliki NUKS," ujarnya, sembari mengatakan, tidak mungkin sekolah itu tidak memiliki kepala sekolah.

Ferry Sinamo memberikan saran agar Plt Kasek dijadikan Kasek yang defenitif.

"Maunya, Plt itu yang diangkat menjadi kepala sekolah yang definitif. Bisa kan satu kepala sekolah itu menjabat dua sekolah. Bukan dari guru yang biasa diangkat menjadi defenitif atau yang tidak memenuhi syarat diangkat jadi Plt," tegasnya.

Rosmayana dengan tegas mengatakan akan melaksanakannya. Dan dalam waktu dekat ini akan melakukan regruping untuk menciutkan kepala sekolah yang Plt.

"Dalam waktu dekat kami akan lakukan regruping sehingga kita bisa menciutkan kepala sekolah ini. Rencananya, Pt dan Plh ini, awal 2021 kita usahakan selesai," ujarnya.

Metro Hutagaol menambahkan agar Dinas pendidikan berkoordinasi dengan BKD, Sekda dan juga Wali Kota untuk mengatasi yang Plt tersebut.

"Kalau memang ada benturan dengan OPD lain, kita DPRD, Komisi II, siap membantu demi mengatasi permasalah ini," tegasnya.

Penulis: leonardo. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan