HETANEWS.COM

Ini Efek Samping Vaksin Covid-19 Yang Sudah Diujicoba China

Siantar, Hetanews.com - China sudah selesai melakukan uji klinis (UK) fase pertama dan kedua atas vaksin Covid-19. Vaksin ini dikembangkan bersama oleh tim riset militer dan perusahaan biofarmasi China.

Apa yang terjadi pada uji klinis? Sekitar 87 persen dari 108 peserta melaporkan setidaknya satu reaksi buruk dalam tujuh hari pertama setelah vaksinasi.

Efek samping sistematis yang paling umum dilaporkan secara keseluruhan adalah demam (50 atau 46%), kelelahan (47 atau 44%), sakit kepala (42 atau 39%), dan nyeri otot (18 atau 17%).

Ilustrasi: Uji klinis vaksin covid 19

Menurut data yang dirilis oleh para peneliti pada 22 Mei dalam jurnal ilmiah The Lancet, para peneliti mengklarifikasi bahwa " peristiwa efeks sampingan ringan hingga sedang, dan tidak ada kejadian buruk yang serius yang tercatat dalam 28 hari setelah vaksinasi."

Sebagaimana vaksin pada Diphtheria, Tetanus dan Pertussis (DTP) yang digunakan untuk anak-anak dan balita, ada sering terjadi efek samping ringan. Tetapi tidak significant. Begitu juga dengan vaksin Covid-19.

Artinya kalau ada efek samping, itu bukan bukti kuat bahwa vaksin gagal melindungi orang. Untuk selamat dari penyakit mematikan seperti COVID-19, vaksin dengan respon kekebalan yang kuat dapat diterima oleh kebanyakan orang meskipun disertai  efek samping dengan demam dan lainnya dalam jangka waktu terbatas.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Indonesia mencatat ada 1.620 orang relawan uji klinis vaksin covid-19 yang difokuskan di kota Bandung.

Baca juga: Ini Nasib 1.620 Relawan Uji Vaksin Covid-19 Indonesia


SUMBER: The Lancet.com

Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!