HETANEWS.COM

Waspada… Kuartal III, BI Ramalkan Indonesia di Tepi Jurang Resesi

Siantar, hetanews.com - Bank Indonesia (BI) mengisyaratkan adanya potensi resesi yang akan dialami oleh Indonesia pada kuartal III-2020.

Menurut Asisten Gubernur, Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial Bank Indonesia (BI) Juda Agung, BI memprediksi kalau kuartal II-2020 pertumbuhan ekonomi Indonesia akan negatif. Sementara di kuartal III-2020, pertumbuhan ekonomi juga masih akan negatif.

"Makanya kita berharap dengan kebijakan yang sudah ada, diambil oleh pemerintah dan otoritas terkait bisa mencegah terjadinya risiko resesi yang dalam," kata Juda Agung via video conference. Kamis (23/7/2020)

Ancaman krisis ini bukan sekadar isapan jempol. Memasuki bulan keempat pandemi Covid-19, sejumlah korporasi mulai menghadapi gugatan di pengadilan karena urusan utang-piutang.

Baca juga: Nasib Relawan Uji Klinis Vaksin Covid 19

Berdasarkan data yang dihimpun redaksi hetanews dari lima Pengadilan Niaga di seluruh Indonesia, hingga akhir semester I-2020 menunjukkan perkara Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) melesat.

Bila semester I-2019, jumlah perkara PKPU hanya 163 perkara, pada paruh pertama tahun ini jumlahnya sudah 249 perkara atau naik 52,76%.

Sengketa PKPU ini terjada merata pada semua sektor usaha. Seperti konstruksi dan properti, transportasi, logistik, pariwisata, ritel, juga keuangan. 

Ilustrasi: Bank Indonesia

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Shinta Widjaja Kamdani menduga hampir semua usaha menghadapi kesulitan cash flow karena turunnya pasokan dan permintaan selama pandemi. 

"Ada efek domino dari dari suply chain, yakni terlambat bayar utang karena dampak pembatasan aktivitas selama Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB)," kata dia, Rabu (22/7).

Ketua Dewan Penasehat Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI), Jamaslin James Purba memprediksi perkara PKPU di pengadilan bisa terus meningkat bila kondisi ekonomi dalam negeri belum membaik.

SUMBER: sipp.pn , Hukumonline.com , Bplawyer.co.id , Lib.atmajaya.ac.id , mediaindonesia.com , Kontan.com , Detik.com

Penulis: tim. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan