HETANEWS.COM

Pengurus Kopdit CU Cinta Mulia Ricuh, Ketuanya Jadi Terdakwa

Persidangan dilanjutkan setelah eksepsi Daulat Sihombing ditolak. (foto/ay)

Siantar, hetanews.com - Kisruh pengurus Koperasi Kredit Credit Union Cinta Mulia (CU Cinta Mulia), berujung ke jalur hukum. Ketua yang dinon aktifkan, Raja PS Janter Aruan (55), jadi terdakwa, bersama dengan Poltak Maraden Gumirang Tambunan (berkas terpisah).

Agenda persidangan, Kamis (23/7/2020), di Pengadilan Negeri (PN) Siantar, seyogianya mendengarkan keterangan saksi, namun gagal karena saksi tidak hadir.

Mejelis hakim pimpinan Rahmat Hasibuan SH, menunda persidangan hingga Rabu mendatang.

Dalam perkara ini, Raja PS dan terdakwa Poltak, berstatus tidak ditahan, didampingi pengacaranya, Daulat Sihombing.

Menurut dakwaan jaksa Christianto Situmorang SH, akibat pesan masuk ke WA grup CU Cinta Mulia yang dibuat kedua terdakwa, pada Senin (8/10/2018) lalu, mengakibatkan saksi korban, Robinson Bakkara, merasa difitnah dan dicemarkan nama baiknya.

Kedua terdakwa, dijerat jaksa dengan pasal 27 ayat (3) Jo pasal 45 ayat (3) UU RI No.19/2016 atas perubahan UU No.11/2008 tentang informasi dan transaksi elektronik Jo pasal 55 (1) ke-1 KUH Pidana.

SMS dari Janter, berisikan tudingan kepada saksi korban, selaku sekretaris pengawas CU Cinta Mulia yang telah mempengaruhi pengurus lainnya untuk menon aktifkan terdakwa dari Ketua Kopdit.

Robinson dituduh dengan berbagai cara, mempengaruhi pengurus koperasi, sehingga terdakwa diberhentikan.

SMS atau pesan WA tersebut, diteruskan terdakwa Poltak ke WhatsApp Grup (WAG) CU Cinta Mulia yang beranggotakan 21 orang.

Akibat perbuatan terdakwa, saksi korban merasa malu dan tercemar nama baiknya.

Dalam perkara ini, majelis hakim telah menolak eksepsi terdakwa yang disampaikan Daulat Sihombing, melalui putusan sela.

Dan hakim menyatakan, berkas perkara dilanjutkan dengan pembuktian yakni mendengarkan keterangan saksi - saksi dan alat bukti di persidangan.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!