HETANEWS.COM

Sukirman Alias Ronggo yang Ngaku Security PT Lonsum Terancam Dihukum 2 Tahun Penjara

Sukirman alias Ronggo didampingi petugas saat mengikuti sidang online. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Sukirman als Ronggo (49), warga Dusun I Desa  Mangga, Kecamatan Tanjung Beringin, dituntut hukuman 2 tahun penjara karena terbukti melakukan penipuan.

Menurut surat tuntutan jaksa, Ade Jaya Ismanto SH yang dibacakan dalam persidangan online, di Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, Kamis (23/7/2020), terdakwa terbukti bersalah melanggar pasal 378 KUH Pidana.

Terdakwa mengaku sebagai security, di PT Lonsum Bahlias dan bisa memasukkan orang untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Karena ucapan terdakwa, saksi korban, Indah Dwiyana Damanik, Nurjanah Sinaga, Ahmad Rivai Sinaga, Nirwanda Israyana dan Rizki Aprilia, percaya dan memberikan uang kepada terdakwa.

Uang yang diterima terdakwa dari para korban secara bertahap, di rumah saksi korban Indah Dwiyana, di Huta Parik, pada Sabtu, 7 Desember 2019, lalu.

Dari total yang diterima terdakwa Rp.13.500.000, tidak ada yang dikembalikan terdakwa. Uang tersebut, digunakan untuk kebutuhan terdakwa karena tidak mempunyai pekerjaan.

Sejumlah korban yang sudah mempersiapkan berkas dan memberikan uang tidak kunjung bekerja, seperti apa yang dikatakan terdakwa.

Merasa curiga karena terdakwa tidak bisa lagi dihubungi, lalu para korban mendatangi PT Lonsum. Dan para korban mendapatkan keterangan dari bagian administrasi yang menjelaskan, tidak ada nama Sukirman yang tercatat sebagai karyawan ataupun sebagai security.

Lalu korban membuat laporan ke pihak yang berwajib. Atas tuntutan jaksa, terdakwa memohon kepada hakim agar hukumannya diringankan. Dengan alasan menyesal dan berjanji tidak akan mengulangi lagi.

Untuk pembacaan vonis, sidang dipimpin hakim Hendrawan Nainggolan, ditunda hingga Selasa mendatang.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!