Siantar, hetanews.com - Baru baru ini terkuak salah satu perusahaan yang menjadi mitra Indonesia dalam mengejar produksi massal vaksin corona. Sinovac, perusahaan asal China menjadi salah satu perusahaan yang ditunjuk untuk bekerjasama dengan Bio Farma dalam produkssi massal vaksin virus corona.

Melansir laman resmi Sinovac, perusahaan ini berawal pada 1993 ketika Chief Executive Officernya Weidong Yin dan tim di Tangshan Yian Biological Engineering Co. Ltd. Terlibat dalam kegiatan R&D untuk pengembangan vaksin hepatitis A.

Kemudian, pada 1999, keduanya berhasil mengembangkan vaksin hepatitis A tidak aktif pertama yang dikembangkan oleh para ilmuwan China. Perusahaan ini pun resmi berdiri pada 2001 dengan memproduksi dua kategori vaksin, yakni vaksin untuk influenza dan vaksin untuk hepatitis.

Selama dua dekade terakhir, Sinovac telah mengembangkan dan mengomersialkan enam vaksin yang digunakan manusia dan satu vaksin hewan. Di antaranya adalah vaksin hepatitis A dan B, influenza H5N1 (flu burung), influenza H1N1 (flu babi), vaksin gondok, dan vaksin rabies anjing.

Sinovac juga telah mencapai banyak tonggak pengembangan signifikan termasuk mengembangkan vaksin H1N1 pertama di dunia pada 2009.

Sinovac saat ini sedang mengembangkan vaksin baru terhadap enterovirus 71, yang menyebabkan penyakit tangan, kaki dan mulut (HFMD) yang parah di antara anak-anak.

Kemudian, pada akhir Januari 2020 lalu, Sinovac mulai mengembangkan calon vaksin corona, dan sedang mempersiapkan pabrik untuk vaksin ini. Diharapkan pabrik ini dapat memproduksi hingga 100 juta vaksin virus corona dalam setahun.

ilustrasi uji vaksin corona

Atas dasar kontribusi yang panjang dalam dunia vaksin, Indonesia melalui Bio Farma sepakat menjalin kerjasama kemitraan dalam memutus mata rantai virus corona di Indonesia.

Selain Indonesia, Bangladesh dan Brasil merupakan negara yang juga akan menggunakan vaksin tersebut. Pemerintah berharap kerjasama kemitraan ini dapat membuahkan hasil maksimal dan semoga pandemi ini berakhir secepatnya.

Baca juga: Indonesia bentuk tim komite perangi korona

SUMBER: Sinovac.com , Reuters.com , Detik.com