Simalungun, Hetanews.com – Sekolah Dasar di Simalungun dikabarkan akan melakukan merger sekolah (penggabungan beberapa sekolah), dimana banyak sekolah-sekolah siswanya sedikit dan juga guru yang sampai saat ini banyak yang kurang.

Kabid SD Dinas Pendidikan Simalungun, Lingga Damanik, mengatakan kalau secara teknis dia tidak bisa jelaskan karena ada Kabid PTK.

Dijelaskannya, merger itu tujuannya untuk efektifitas dan efisiensi  kegiatan belajar mengajar, dimana secara umum guru kurang karena banyak yang pension dan siswa di sekolah jumlahnya sedikit.

“Kalau dilakukan merger, guru-guru bisa di distribusikan ke sekolah yang mebutuhkan, sementara siswa tadi tidak boleh terlantar,” Katanya saat ditemui awak media di kantor disdik simalungun siang tadi. (21/07/2020)

Lingga Danamik, Kabid SD Disdik Simalungun

Ditambahkannya, ada sejumlah kriteria untuk pertimbangan merger, salah satunya adalah masalah jarak. Sekolah melakukan merger tidak boleh berjarak lebih dari 3 km, apalagi saat ini akses sarana dan prasarana sudah mulai bagus .

Bila dilakukan merger dari sekolah a dan b, dana menjadi terfokus dan dana operasional itu bisa dilakukan untuk meningkatkan pelayanan pendidikan. (Juindra)