HETANEWS.COM

Dana BOS Bisa Untuk Beli Paket Siswa dan Guru Selama Belajar Daring

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Siantar, Rosmayana. (foto/leo)

Siantar, hetanews.com - Selama pandemi Covid – 19, tidak ada anggaran Pemko Siantar, terhadap dunia pendidikan.

Hal itu dibenarkan Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Siantar, Rosmayana saat dikonfirmasi wartawan.

Akan tetapi, kalau dari dana BOS, bisa dialokasikan, ujarnya.

"Kalau anggaran dari Pemerintah Kota Sintar, tidak ada dananya dan payung hukumnya juga tidak ada. Namun untuk alokasi dari dana BOS, bisa,"ujarnya kepada hetanews, Selasa (21/7/2020).

Rosmayana kembali menerangkan, kalau dana BOS, bisa dialokasikan untuk pembelian paket data kepada siswa maupun guru.

Dengan pembelajaran daring dan tidak adanya tatap muka, dana BOS itu bisa digunakan ke sana, tegasnya.

"Pembelajaran sekarang tidak ada tatap muka dan sekarang pembelajaran daring. Jadi bisa karena memang regulasinya ada. Kalau besarannya, tergantung kemampuan dana BOS sekolah. Kalau kita dari Dinas Pendidikan tidak bisa mencampurinya karena pengelolaannya langsung kepala sekolah," ujarnya.

Lanjutnya, ada juga beberapa keluhan orangtua siswa, terkait kutipan uang les dan uang retribusi kenaikan kelas, di sekolah swasta.

"Kita sudah melakukan pertemuan dengan pihak sekolah dan kita juga mengatakan, agar tidak ada lagi mengutip uang les. Kita juga meminta agar uang registrasi kenaikan kelas yang sudah diminta kepada orangtua siswa agar dikembalikan," ujarnya.

"Nanti kita akan lakukan kembali pertemuan dengan sekolah yang ada di Siantar untuk menanyakan langsung, apakah sudah dilaksanakan atau tidak. Semoga sudah dilaksanakan,”ucapnya..

Rosmayana dengan tegas mengatakan, kalau ada sekolah yang mengutip retribusi maupun uang les, silahkan masyarakat melapor kepada Dinas pendidikan. Begitu juga kalau ada pihak sekolah yang tidak mengambil kebijakan untuk menggunakan dana BOS untuk membantu siswa untuk biaya paket, ujarnya.

"Kalau memang ada yang sekolah belum menerapkan, silahkan orangtua siswa melaporkan ke kita. Dan sekolah mana yang tidak melakukan kita akan panggil,"tegasnya.

Penulis: tim. Editor: Gunawan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!