HETANEWS.COM

Arab Saudi Akan Siarkan Langsung Wukuf di Arafah dalam 5 Bahasa, Termasuk Indonesia

Gunung Arafah atau Jabal Rahmah, pusat pelaksanaan pucak haji

Arab Saudi, hetanews.com - Pelaksanaan Wukuf di Arafah dalam pelaksanaan haji tahun ini akan disiarkan langsung dalam lima bahasa oleh Kepresidenan Dua Masjid Suci. Lima bahasa tersebut adalah Inggris, Prancis, Indonesia, Urdu, dan Persia.

Puncak pelaksanaan haji tersebut berlangsung pada 9 Zulhijjah atau akhir Juli mendatang. Para jemaah menghabiskan waktu dengan berzikir, berdo’a, mendengarkah khotbah sampai matahari terbenam waktu setempat.

Senin (20/7/2020), khotbah serta pelaksanaan Wukuf bisa disaksikan secara live mlalui smartphone atau situs web Kepresidenan Dua Masjid Suci.

Pelaksaan Wukuf tahun ini akan sangat berbeda karena Arafah tak akan sepadat tahun-tahun sebelumnya saat pelaksanaan haji. Ini karena jemaah pada tahun ini dibatasi maksimal 10.000 orang dengan komposisi 70 persen warga asing dan 30 persen penduduk lokal, padahal biasanya mencapai 2,5 juta orang lebih.

Arab Saudi membatasi jumlah jemaah terkait pandemi virus corona. Itu pun setiap muslim harus memenuhi persyaratan ketat untuk bisa menjadi peserta haji tahun ini.

Sementara itu untuk menjamin kelancaran pelaksanaan haji di masa pandemi virus corona ini, Pemerintah Arab Saudi membatasi akses ke tempat-tempat suci, yakni Mina, Muzdalifah, dan Arafah, sejak Minggu (19/7/2020).

Hanya petugas atau pihak yang berizin bisa memasuki tempat-tempat tersebut, sebagai langkah pengetatan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Siapa saja yang tak bisa menunjukkan izin untuk memasuki tiga tempat suci itu akan diminta putar balik.

Siapa saja yang memasuki tempat-tempat tersebut tanpa izin akan dikenakan denda sebesar 10.000 riyal atau sekitar Rp38 juta. Besaran denda akan dilipatgandakan sesuai jumlah pelanggaran.

sumber: inews.id

Editor: sella.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!