Toba, hetanews.com - Bukit Gibeon merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Desa Sibisa, Kabupaten Toba yang dapat ditempuh, hanya 20 menit saja dari kota turis Parapat.

Di daerah bukit ini, tersedia beberapa bangunan yang diperuntukkan untuk wisata rohani (agenda seminari), dan ada juga terdapat sebuah kolam pemandian yang didesign unik dan menarik dengan airnya yang sejuk dan segar, sehingga bisa langsung diminum.

Meskipun di tempat tersebut tertulis "Kawasan Wisata Alam Rohani Kristiani", tempat ini terbuka untuk umum, bahkan yang beragama lainnya seperti, Islam, Budha dan Hindu juga datang kesini untuk menikmati segarnya air terjun Bukit Gibeon.

Dengan biaya tarif masuk tidak terlalu mahal (normal) Rp.20 ribu untuk dewasa dan Rp.15 ribu untuk anak – anak, ditambah parkir Rp5 ribu (roda empat) dan Rp2000 (roda dua). Pengunjung juga bebas mengambil tempat bersantai dan gratis kamar mandi. Meski disebut wisata alam Rohani Kristiani, tempat ini ramai dikunjungi saat lebaran (hari Raya Idul Fitri), Idul Adha, Natal & Tahun Baru.

Bahkan setiap hari libur, banyak pengunjung yang datang dari luar kota. Seperti dikatakan salah seorang petugas yang ada di gerbang masuk "setiap hati libur ramai pengunjung umum dan tempat ini baru saja dibuka kembali sejak pemerintah menutup sejumlah lokasi wisata karena covid-19,"katanya ketika ditanya hetanews.com, Minggu (18/7/2020).

Pengunjung yang datang dari luar kota, Siantar, Simalungun, Medan, Asahan, Karo dan lainnya. "Kami sudah 3 kali datang ke tempat ini karena airnya sangat sejuk dan segar,"kata Pak Mahmud yang datang sore itu, bersama keluarganya dari Medan.

Air terjun Bukit Gibeon begitu asri dan alami karena airnya langsung dari pegunungan dan jatuh ke kolam. Sehingga pengunjung aman saat berada di bawah air terjun itu.