Medan, hetanews.com - Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan, sedang menyiapkan Peraturan Bupati tentang kewajiban menggunakan masker. Bagi warga yang kedapatan tidak memakai masker saat keluar rumah akan ditilang.

"Kita tunggu Inpres (Instruksi Presiden) dulu (untuk pelaksanaan tilang). Perbub lagi disiapkan oleh dinas teknis," ujar Nikson, Sabtu (18/7/2020).

Inpres yang dimaksud Nikson adalah Inpres tentang sanksi pelanggar protokol kesehatan. Dalam rapat bersama beberapa Gubernur di Istana Kepresidenan Bogor Rabu (15/70) yang lalu, Presiden menyebut akan membuat Inpres tersebut.

Rencana presiden membuat Inpres itu disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) usai pertemuan. RK menyebut Inpres itu akan dibuat Presiden untuk menjadi dasar hukum sanksi yang akan diterapkan.

Kembali ke Taput, Nikson mengatakan mekanisme tilang dan sanksi yang diberikan bagi pelanggar akan tertuang dalam Perbub yang sedang disiapkan. Dia menjelaskan jika Inpres dikeluarkan dalam waktu dekat, pihaknya akan mulai menerapkan Perbub wajib masker itu pada 27 Juli 2020 mendatang.

"Rencana begitu (diterapkan tanggal 27 Juli 2020 jika Inpres sudah keluar)," jelas Nikson.

sumber: detik.com