Tebing Tinggi, hetanews.com -  Hari ini, terungkap lonjakan kasus positif Covid-19, di Kota Tebing Tinggi. Sebanyak 5 orang warga Tebing Tinggi kembali dinyatakan positif corona, sehingga totalnya menjadi 15 orang.

Bahkan, saat Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Tebing Tinggi melakukan penjemputan terhadap salah satu pasien yang terpapar Covid-19, sempat terjadi penolakan dari pasien yang enggan dievakuasi.

Usai melakukan penjemputan pasien, di kawasan Pajak Kain kota setempat, Kadis Kesehatan Tebing Tinggi, selaku juru bicara GTPP Covid-19, dr Nanang Fitra Aulia, Sabtu (18/7/2020), mengatakan, Tim GTPP Covid-19 Kota Tebingtinggi, menerima laporan, ada 5 orang warga Tebing Tinggi terkonfirmasi positif Covid – 19, hari ini.

"Kita dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemko Tebing Tinggi, beserta dengan Babinsa dan Babinkamtibmas, juga melakukan penjemputan salah satu pasien yang terkonfirmasi positif,”ujarnya.

Bersama kita lihat tadi, ada kendala sedikit. Terjadi suatu perlawanan, namun Alhamdulillah, penjelasan yang telah dilakukan dan pertolongan dari Babinsa dan Babinkamtibmas, kepada kita disini, maka yang bersangkutan bersedia dibawa untuk dilakukan perawatan di rumahsakit, ungkap dr Nanang.

Menurutnya, yang bersangkutan positif berdasarkan hasil swab dan sebelumnya juga telah dilakukan uji rapid test. "Hasil dari uji rapid test massal kemarin, kita dapatkan hasil reaktif dan kita lanjutkan dengan pemeriksaan swab dan tadi pagi kita dapatkan hasilnya yang bersangkutan dinyatakan positif," jelasnya.

Untuk saat ini, di Kota Tebing Tinggi, terkonfirmasi kasus positif ada 15 orang, 4 orang diantaranya dinyatakan sembuh dan 11 orang saat ini sedang dirawat di rumah sakit, ujarnya lagi.

“Bahkan, penjemputan pasien positif corona berinisial 'M', sempat terkendala dikarenakan yang bersangkutan, awalnya tidak bersedia dibawa ke rumah sakit. Bahkan yang bersangkutan saat dijemput sedang menjaga usaha toko miliknya, “jelasnya lagi.

Akhirnya pasien 'M' bersedia dibawa ke rumah sakit, setelah mendapatkan penjelasan dari pihak Babinsa dan Babinkamtibmas. Tim GTPP langsung melakukan tracing dengan melakukan penyemprotan di toko pasien dan untuk sementara toko tersebut ditutup.

Kelima warga yang terpapar Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab yakni berinisial 'M', 'R' dan 'S', warga Kecamatan Tebing Tinggi Kota, dan 'M' warga Kecamatan Bajenis, serta 'S' warga Kecamatan Rambutan.