HETANEWS.COM

Melihat Detik-detik Ular Piton Melahap Habis Buaya

Ular piton zaitun di Australia memakan buaya air tawar.

Hetanews.com - Satu tahun lalu, GG Wildlife Rescue Inc. mengunggah perkelahian sengit antara ular piton dan buaya air tawar. Dalam gambar-gambar tersebut, tampak ular piton jenis Liasis olivaceus sedang menghabisi reptil yang lebih besar.

Gambar itu diambil di dekat Gunung Isa, Queensland, oleh Martin Muller, kemudian dipublikasikan pada 31 Mei 2019. Merayakan Hari Ular Dunia yang jatuh pada setiap 16 Juli, mari kita lihat bersama-sama aksi keren ular piton memangsa buaya

Spesies sanca itu memang endemik Negeri Kanguru yang dapat tumbuh dengan panjang hingga empat meter. Ular memiliki kemampuan menelan yang luar biasa berkat rahangnya yang elastis. Tulang rahang itu dibagi menjadi dua bagian, dihubungkan oleh ligamen elastis.

Melihat Detik-detik Ular Piton Melahap Habis Buaya (1)
Ular Piton Makan Buaya

Dalam foto-foto tersebut, tampak ular piton ‘berjalan’ di atas buaya. Proses ini dinamakan pterygoid. Selanjutnya, piton menekan otot-otot mangsanya untuk memastikan mangsanya tidak akan bergerak. Setelah itu, ia akan terus tetap mengelilingi tubuh mangsa untuk melahap seluruh bagian tubuh mangsa.

Melihat Detik-detik Ular Piton Melahap Habis Buaya (2)
Ular Piton Makan Buaya

Setelah berhasil melahap mangsanya, bisa dilihat bentuk tubuh ular akan menjiplak bentuk tubuh mangsanya. Buaya itu benar-benar dalam keadaan utuh di dalam perut piton itu.

Ular piton memiliki adaptasi genetik yang membantu mereka mencerna makanan berukuran besar. Namun tentu saja pengolahan makanan di tubuh piton tidak akan cepat untuk mangsa-mangsa yang besar.

Untuk mangsa seukuran buaya air tawar, butuh waktu sekitar satu bulan untuk piton bisa benar-benar mengolahnya. Semua tulang, darah dan organ akan dicerna, meski biasanya mereka akan mengeluarkan kulit keras dan gigi mangsa saat BAB.

Sumber: kumparan.com 

Editor: suci.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!