HETANEWS.COM

Hakim PN Simalungun Ringankan Hukuman Bongor, Pemilik 9 Paket Sabu

Terdakwa Bongor, pemilik 9 paket sabu saat ikuti sidang. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Majelis hakim, pimpinan Roziyanti, didampingi dua hakim anggota, Aries Ginting dan Mince Ginting, meringankan hukuman pemilik 9 paket sabu, Indra Lesmana alias Bongor (28), menjadi 4 tahun penjara, denda Rp800 juta, subsider 6 bulan penjara.

Warga  Bandar Hataran, Nagori Bandar Jawa itu, sebelumnya dituntut 5 tahun penjara oleh jaksa Juna Karo-Karo, dan denda yang sama dengan putusan hakim.

Putusan hakim, dibacakan dalam persidangan online, di Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, Rabu (15/7/2020).

Terdakwa dinyatakan terbukti memiliki 1,60 gram sabu. Dan dipersalahkan melanggar pasal 112 (1) UU RI No 35/2009 tentang narkotika.                

Hal yang meringankan terdakwa, karena berterus terang, mengakui perbuatannya dan menyesalinya. Sedangkan hal memberatkan terdakwa, tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan narkotika.

Menurut hakim, berdasarkan fakta persidangan, terdakwa ditangkap anggota Satnarkoba Polres Simalungun, Aswin Manurung dkk, pada Selasa, 19 Nopember 2019 lalu, pukul 08.00 WIB, di simpang IV Perumnas Manahul Perdagangan III, Kecamatan Bandar, Simalungun.                

Sabu sebanyak itu, diakui terdakwa, dibeli dari Pian (DPO). Barang bukti 9 paket plastik kecil sabu seberat 1,60 gram, dinyatakan untuk dimusnahkan.                

Terdakwa tampak didampingi penasehat hukum, Sarah Pulungan dari Posbakum PN Simalungun dan persidangan dibantu panitera, Dedi Tambunan, dinyatakan selesai dan ditutup.

Penulis: ay. Editor: gun.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!