HETANEWS.COM

Abaikan SE Gubsu, SMA Di Siantar Adakan Tes Psikologi

Aktivitas siswa Baru di SMA N 4 Pematangsiantar, Selasa (4/7/2020)

Siantar, Hetanews.com – SMA Negeri di Kota Siantar abaikan Surat Edaran (SE) Gubernur Sumut tentang panduan belajar mengajar di tengah pandemi Covid 19. 

Pantauan di  SMA Negeri 2 Pematangsiantar, terlihat proses tatap muka dengan mengadakan ujian test psikologi. Di dalam kelas siswa memakai pakaian biasa maupun seragam sekolah dan diuji seorang pengajar. Demikian dengan SMA Negeri 4 Pematangsiantar.

Ditemui di ruangan guru, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum menolak memberikan keterangan mengenai kegiatan tersebut. Ia menyarankan agar hal itu dijawab langsung oleh kepala sekolah Hasbiansyah Sinaga. Sayangnya Kepsek tidak bisa dihubungi.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Siantar, Darwin Erikson Purba, menyebutkan kegiatan itu bukan tatap muka. Uji psikologi merupakan bagian dari Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online.

Dijelaskannya, test psikologi itu dinilai oleh psikiater untuk menentukan minat siswa masuk jurusan apa yang akan dipilih.

“Keputusan pertama 4 menteri untuk pembelajaran daring, turunannya surat Gubernur dan yang dilarang disitu adalah belajar tatap muka, dan kita ini disini tidak belajar, hanya menentukan jurusan apa yang akan diminati siswa. Supaya saat belajar Daring tahu menentukan jurusan apa siswa itu” katanya

Masih kata Darwin, kedatangan siswa ke sekolah juga untuk menyusun adminstrasi dan pengumpulan data siswa dan pembagian grup WhatsApp.

Gubernur Sumatera Utara mengeluarkan surat edaran  No: 205/GT Covid-19/VII/2020  tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran Tahun Ajaran 2020/2020 di masa pandemi Covid-19.

Disampaikan bahwa, satuan pendidikan di zona Kuning, Orange dan Merah dilarang melakukan proses tatap muka dan tetap melanjutkan Belajar Dari Rumah (BDR). (Juindra)

Baca juga: SMAN 1 Girsip Tatap Muka Hari Pertama Siswa Baru

Editor: edo.
Komentar 2
  • Antonius Munthe
    Ahh Yang Bener Dong kalo Buat Berita jngan Merusak Citra Sekolah saja Untuk Mendapat Sebuah Berita bagus gimna Sekolah Yng Memiliki Jurusan Dapat Memilih Jurusan Dengan Online Apakah anda dpaat Memberi Kebijakan atas itu sebelum Membuat Berita ini
  • Daniz Samosir
    Mohon maaf sebelumnya pak, apa sudah ada izin untuk mengambil foto di atas?
    Isi artikel bapak mayoritas tentang SMAN 2, tetapi fotonya mengapa di SMAN 4?
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!