HETANEWS.COM

Ruang Sel Tahanan Kejari Simalungun Ramah Anak

Foto Kasi Pidum Kejari Simalungun, Irvan Maulana SH MH, dan foto ruang sel tahanan Kejari Simalungun yang ramah anak. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Sel tahanan anak di Kejaksaan Negeri (Kejari) Simalungun,  didesain dengan gambar anak agar kesannya tidak menakutkan bagi anak pelaku tindak pidana.

Desain ruang tahananitu,  sesuai dengan peraturan perundang-undangan No.11/2012, tentang sistem peradilan anak.

Demikian diungkapkan Kasi Pidum Kejari Simalungun,  Irvan Maulana SH MH, ketika ditanya Hetanews, Selasa (14/7/2020), di ruang kerjanya.

"Desain ramah anak, memang sesuai dengan aturan yang ada dan juga petunjuk dari Kejaksaan Agung dan UU No.12/2012 tentang sistem peradilan anak,"katanya.

Di Kejari Simalungun, ada 4 orang jaksa yang khusus menyidangkan perkara anak, berdasarkan surat dari Kejatisu.

Ke-4 jaksa tersebut, Weni Julianti Situmorang, Julita Nababan, Juna Karo-Karo dan Dedy Chandra Sihombing. Jaksa tersebut telah diberikan pelatihan dalam perkara anak, katanya.

Menurut Irvan, pada semester I, Januari hingga Juni 2020, ada 5 perkara dengan anak sebagai pelaku tindak pidana narkotika, pencurian dan juga asusila.

Sedangkan ancaman hukuman pada anak pelaku tindak pidana adalah 1/2 dari hukuman pelaku dewasa, jelas Irvan.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan