HETANEWS.COM

Tiga Terdakwa Narkotika Divonis Sama 6 Tahun Penjara

3 terdakwa disidang onliene PN Simalungun. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Majelis hakim yang diketuai Roziyanti SH, menjatuhkan pidana penjara selama 6 tahun penjara, dan denda Rp900 juta, subsider 6 bulan penjara, kepada terdakwa Benny Simarmata als Benny (35), Boy Arijaya als Boy (18) dan Indra Simarmata (24). 

Ketiganya dinyatakan terbukti bersalah, melanggar pasal 112 (1) UU RI No.35/2009 tentang tanpa hak atau melawan hukum, memiliki narkotika golongan I bukan tanaman.

Putusan hakim yang dibacakan dalam persidangan yang digelar secara online, di Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, Senin (13/7/2020) tersebut, konform (sama) dengan tuntutan jaksa, Augus Vernando SH.

Hakim berpendapat, vonis tersebut sudah pantas sebagai efek jera kepada para terdakwa, sehingga tidak meringankannya dari tuntutan jaksa.

Sesuai fakta hukum yang terungkap dalam persidangan, bahwa terdakwa ditangkap, pada Rabu, 22 Januari 2020 lalu, di rumah terdakwa Boy, Jalan Tigaras, Kecamatan Dolok Pardamean.

Dari hasil penangkapan, disita 3 paket sabu, 2 klip milik Boy dan Benny dan 1 klip milik Indra.

Ke-3 terdakwa mengakui, membeli sabu dari Uppang Sijabat (DPO) yang sempat melarikan diri saat petugas melakukan penggerebekan, di rumah tersebut. 

Saat dilakukan penggerebekan, Indra Simarmata, berada di kamar mandi dan membuang sepaket sabu ke lantai. Sedangkan Benny dan Boy, membeli sabu secara patungan Rp200 ribu. Selain sabu seberat 0,54 gram, petugas juga menyita ponsel dan 21 plastik klip kosong milik Uppang.

Atas vonis hakim tersebut, terdakwa didampingi pengacara, Sarah Pulungan dan juga jaksa, diberi kesempatan selama 7 hari untuk menerima atau banding. Terdakwa juga dibebankan, membayar ongkos perkara sebesar 5 ribu rupiah.

Penulis: ay. Editor: gun.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!