HETANEWS.COM

Satu Bahasa dengan Jaksa, Hakim Vonis Pemilik 36 Gram Ganja 6 Tahun Penjara

Terdakwa disidang online melalui vidcon, divonis 6 tahun penjara. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Majelis hakim, pimpinan Roziyanti, sependapat dengan jaksa Augus Vernando, bahwa terdakwa Junianto Purba (32), terbukti bersalah melanggar pasal 111 (1) UU RI No.35/2009 tentang narkotika.

Warga Huta IV, Nagori Bangun, Kecamatan Gunung Malela itu, diganjar 6 tahun penjara, denda Rp900 juta, subsider 6 bulan penjara.

Putusan hakim, pimpinan Roziyanti itu, dibacakan dalam persidangan yang digelar secara online, di Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, Senin (13/7/2020).

"Menjatuhkan pidana penjara selama 6 tahun denda Rp900 juta,"kata Rozy.

Terdakwa terbukti memilik ganja yang dibeli dari Harimau, seharga Rp400 ribu, di samping Gereja GKPS, jalan Sangnawaluh Siantar, pada Selasa (21/1/2020), lalu.

Sebahagian ganja diserahkan kepada Bolot dan sebahagian lagi, disimpan terdakwa, di bawah pohon karet, di perkebunan PTPN III Nagori Bangun.

Junianto diamankan saksi Andi Nainggolan, Leonardo Silalahi dan Efraim Purba, setelah mendapatkan informasi dari masyarakat.

Saat ditangkap dari lokasi kebun karet, polisi menyita kertas coklat pembungkus nasi yang ditanam, di bawah pohon karet berjarak 10 meter dari lokasi terdakwa ditangkap.

Bersama barang bukti, terdakwa dibawa ke Polres Simalungun.

Barang bukti ganja seberat 35,06 gram, dinyatakan untuk dimusnahkan.

Didampingi pengacara, Sarah Pulungan dari Posbakum PN Simalungun, terdakwa menyatakan pikir-pikir.

Penulis: ay. Editor: gun.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!