HETANEWS.COM

Ramayana Wujud Spiritual Mantram Gayatri

PUSTAKA : Kisah Ramayana laksana pustaka suci.

Bali, hetanews.com - Ramayana bukanlah kisah sembarang, bukan cerita. Melainkan ia adalah pustaka suci yang maha agung. Ramayana juga tidak bertentangan dengan ajaran-ajaran suci Veda (vedais ca sammitam) karena merupakan bagian dari Veda itu sendiri.

Ramayana juga merupakan perwujudan spiritual dari Mantram Gayatri (Om bhur bhuvah svah,
tat savitur varenyam, bhargo devasya dhimahi, dhiyo yonah pracodayat). Jadi, Ramayana adalah Gayatri itu sendiri.Hanya dengan membaca, mendengarkan atau memperdengarkan cerita-cerita Ramayana yang penuh dengan wejangan serta filsafat hidup mulia, orang akan mendapatkan karunia luar biasa dalam hidupnya.

Ramayana mempunyai daya penyucian luar biasa. 'Yaḥ pathet Rama-caritam', orang yang membaca Ramayana dengan penuh rasa kekhusukan hati, maka 'Sarva-papaih pramucyate', orang tersebut akan dibebaskan dari segala jenis dosa.

Ramayana memberikan kebijaksanaan dan juga luasan pandangan. Mereka yang sudah membaca Ramayana menjadi orang yang mampu melihat keindahan dalam segalanya. Dan, 'Sang Yogisvara sista sang sujjana suddha manahira huwus mace sira' ( para yogi dan orang-orang suci menjadi terbentuk serta tersempurnakan dalam kesejatian diri). Sedangkan para punyatma, yaitu orang-orang yang tekun dalam kebaikan hatinya menjadi semakin tersucikan, setelah membaca Ramayana. 

Sumber: jawapos.com 

Editor: suci.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!