HETANEWS.COM

Bikin Assist Versus Real Valladolid, Lionel Messi Pecahkan Rekor La Liga Spanyol

Pemain Barcelona Messi merayakan gol. Foto: REUTERS

Hetanews.com - Penyerang Barcelona Lionel Messi resmi jadi pemain pertama dalam sejarah La Liga Spanyol yang mampu menembus 20 gol sekaligus 20 assist atau lebih dalam satu musim.

Torehan satu assist Messi untuk Arturo Vidal memastikan kemenangan tipis 1-0 Barcelona atas Real Valladolid, Sabtu (11/7). Itu adalah assist ke-20 Messi di La Liga 2019/20 musim ini.

Sebelumnya, pemain La Liga terakhir yang sanggup menorehkan 20 assist dalam semusim adalah eks gelandang Barca Xavi Hernandez di musim 2008/09.

Namun, belum pernah ada pemain La Liga yang mampu mengombinasikan 20 assist itu dengan 20 gol atau lebih di La Liga, sebelum Messi melakukannya pada akhir pekan ini.

Meski begitu, ia bukan pemain pertama di lima liga top Eropa yang mampu mengombinasikan 20 gol dan 20 assist. Thierry Henry pernah melakukannya ketika mencetak 24 gol dan 20 assist di Liga Primer Inggris 2002/03 bersama Arsenal.

Messi sendiri sejauh ini sudah mengemas 22 gol di La Liga 2019/20, menduduki puncak daftar topskor, unggul empat gol dari pesaing terdekatnya, yakni penyerang Real Madrid Karim Benzema.

Rekor terbaru Messi ini bisa jadi pengingat bagi para petinggi Barca untuk terus mempertahankannya. Seperti diketahui, Messi belakangan ini santer dirumorkan akan hengkang. Cadena Ser melaporkan, Messi siap berpisah dengan Barcelona ketika kontraknya habis pada 2021.

Jika pemenang enam Ballon d'Or itu tidak memperpanjang kontrak sebelum pergantian tahun, maka ia bebas melakukan negosiasi dengan klub mana pun.

Soal masa depan Messi ini bisa jadi materi kampanye pemilihan presiden presiden Barcelona berikutnya, yang akan digelar pada Juni 2021.

Presiden saat ini, Josep Maria Bartomeu, berharap Messi bisa pensiun di Camp Nou. Sementara pesaingnya, Victor Font, juga optimistis megabintang Argentina itu akan bertahan di klub.

Sumber: goal.com

Editor: tom.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!