HETANEWS.COM

Aset Negara Rp 10.000 T, Paling Banyak Dikelola Prabowo dan Termahal Kawasan GBK

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menerima.kedatangan tim penjemput alkes dari China. Foto: Dok. Humas Kemhan

Jakarta, hetanews.com - Pemerintah melaporkan aset negara saat ini mengalami kenaikan hingga 65 persen. Kenaikan itu diketahui setelah dihitung kembali. Kementerian Pertahanan menjadi yang paling banyak asetnya. Pemerintah juga mempunyai aset termahal.

Berikut ini fakta-fakta mengenai Aset RI terbaru:

  • Aset Negara Lebih dari Rp 10.000 Triliun

Pemerintah melaporkan adanya kenaikan aset milik negara, sejalan dengan perhitungan kembali aset negara atau revaluasi yang telah dilakukan pada 2018 hingga 2020.

Hasilnya, aset negara setelah dihitung kembali saat ini mencapai Rp 10.467,53 triliun, naik 65 persen dibandingkan sebelumnya sebesar Rp 6.325,28 triliun.

Direktur Barang Milik Negara (BMN) Ditjen Kekayaan Negara Kemenkeu, Encep Sudarwan, menjelaskan bahwa revaluasi aset tersebut juga telah diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Itulah hasil revaluasi, menaikkan aset sekitar Rp 4.000 triliun. Kemarin kan kita nilai, Alhamdulillah sudah selesai sudah diaudit BPK dan keluar opininya WTP, aset tetap kita meningkat," kata Encep saat diskusi virtual mengenai barang milik negara, Jumat (10/7).

Dengan kenaikan aset negara tersebut, otomatis ekuitas pemerintah juga meningkat dari Rp 1.407,8 triliun menjadi Rp 5.127,31 triliun. Demikian juga dengan kewajiban yang naik menjadi Rp 5.340,22 triliun, dari sebelumnya Rp 4.917,47 triliun.

Adapun yang berupa aset lancar menjadi Rp 491,86 triliun, naik dari sebelumnya Rp 437,87 triliun. Investasi jangka panjang naik menjadi Rp 3.001,2 triliun, dari sebelumnya Rp 2.877,28 triliun. Selain itu, aset tetap menjadi Rp 5.949,59 triliun, dari sebelumnya Rp 1.931,05 triliun serta aset lainnya menjadi Rp 967,98 triliun.

  • Prabowo Kelola Aset Paling Banyak

Berdasarkan nilainya, aset tetap yang dimiliki Kementerian Pertahanan merupakan yang tertinggi di antara kementerian dan lembaga lainnya, mencapai Rp 1.645.56 triliun atau naik 27,66 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Aset kementerian yang dipimpin Prabowo Subianto itu mengalahkan aset tetap yang dimiliki Kementerian PUPR, yang mencapai Rp 1.564,61 triliun atau naik 26,3 persen dari tahun lalu.

"Paling besar adalah Kementerian Pertahanan, kedua PUPR. Dulu yang urutan pertama itu selalu PUPR, sekarang kesalip oleh Kementerian Pertahanan," ujar Encep.

Menurut dia, ada sejumlah faktor aset tetap Kemhanmengungguli kementerian dan lembaga lainnya. Salah satunya karena adanya pembenahan aset yang sudah mulai tercatat.

  • GBK Jadi Aset Termahal

Kementerian Keuangan melakukan penilaian dan pencatatan aset negara, salah satunya kompleks Gelora Bung Karno atau GBK di kawasan Senayan, Jakarta Selatan. Saat ini, nilai aset tersebut mencapai Rp 347 triliun.

Nilai aset kompleks GBK itu mencapai 3,3 persen dari total aset negara yang saat ini mencapai Rp 10.467,53 triliun. Ini merupakan nilai aset tertinggi di Indonesia.

"Karena lokasinya di pusat kota, jadi (nilai asetnya) tertinggi di Indonesia," kata Encep.

Secara rinci, nilai aset tanah di kompleks stadion GBKyang terletak di Senayan, Jakarta, itu sekitar Rp 345 triliun. Sementara aset bangunannya hampir Rp 3 triliun.

sumber: kumparan.com

Editor: sella.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!