HETANEWS.COM

Hujan Deras Berjam-jam, Jalinsum Parapat Dilanda Longsor

Petugas kepolisian saat berada di TKP,  mengamankan arus lalu lintas. (foto/res)

Simalungun, hetanews.com - Akibat hujan yang tiada hentinya, mengakibatkan Jalinsum Parapat, tepatnya 2 KM sebelum Kota Parapat, Nagori Sibaganding, Kecamatan Girsang, Kabupaten Simalungun, dilanda longsor hingga ke badan jalan, Sabtu (11/7/2020).

Menurut informasi yang dihimpun, di sekitar TKP terlihat tumpukan tanah setinggi 1 meter dengan panjang 20 meter.

Dan hingga sekarang, petugas Sat Lantas Polres Simalungun, masih berupaya untuk mengalihkan arus lalu lintas dari Kabupaten Toba menuju Kota Siantar, melalui Simpang Girsang, dan keluar Simpang Palang dan begitu juga sebaliknya.

Kemudian upaya lainnya dengan mendatangkan alat berat dari TPL (Toba Pulp Lestari), guna membuang material tanah akibat longsor, dan selanjutnya berkoordinasi dengan Uspika, pengulu serta masyarakat setempat.

Kasubag Humas Polres Simalungun, ketika dikonfirmasi wartawan, mengatakan, proses evakuasi material longsor, di Jalinsum Parapat, belum dapat dilaksanakan, lantaran hujan masih  deras.

"Kita tadi baru mendapatkan informasi dari Kapolsek Parapat, beserta Kasat Lantas Polres Simalungun, bahwa di sekitar lokasi, ditakutkan adanya longsor susulan, karena kondisi jalan tertimbun tanah bercampur batu longsong sepanjang lebih kurang 30 meter," ucap Kasubag Humas, AKP Lukman.

Untuk mengantisipasinya, seluruh jajaran Polsek untuk tetap siaga, mengingat saat ini curah hujan tingggi dan sudah berjam-jam.

Dan untuk Polsek-polsek yang rawan banjir dan longsor, agar langsung memberikan laporan jika bencana datang.

"Bapak Kapolres tadi mengatakan agar seluruh jajaran Polsek-polsek agar berkordinasi degan muspika tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten serta BPBD. Kejadian bencana bukan hanya lingkup tugas Polri saja, namun perlu kerja sama intansi lainnya yang kompak dan solid, untuk tanggap darurat bencana," akhirnya.

Penulis: res. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan