HETANEWS.COM

Ngaku Minta Iuran untuk Pembangunan Masjid, Penipu Dapat Rp 700 Ribu Sehari

Penipu modus sumbangan masjid dapat untung Rp 700 ribu per hari

Jakarta, hetanews.com - Pelaku penipuan dengan modus meminta sumbangan mengatasnamakan pembangunan masjid diamankan pihak berwajib. Dalam sehari, pelaku penipuan modus sumbangan masjid itu bisa mengantongi keuntungan hingga Rp 700 ribu.

Pengakuan pelaku penipuan itu diunggah dalam akun Instagram @jayalah.negeri. Pelaku yang diamankan berjumlah dua orang, mereka bernama Sopian dan Yani.

"Modus meminta sumbangan mengatasnamakan pembangunan masjid, nggak tahunya buat dia sendiri," ujar perekam video seperti dikutip Suara.com, Jumat (10/7/2020).

Kedua pelaku yang mengenakan baju koko mengakui perbuatannya. Mereka hanya tersenyum kecut saat pihak berwajib menyebutkan modus penipuan yang mereka lakukan.

Saat ditanya keuntungan dalam sehari, salah seorang pelaku mengakui ia bisa mengantongi uang hingga Rp 700 ribu. Namun, seorang pelaku lainnya tampak berusaha menutupi penghasilannya dengan mengatakan pendapatan harian tak banyak, hanya berkisar RP 300 ribu.

"Nggak percaya saya pernah nangkep juga. Nggak ada dapat segitu. Kamu modal baju koko doang kamu," ucap si polisi.

Pelaku hanya membalas dengan senyuman masam. Sementara pelaku lainnya tampak tertunduk lesu.

"Kandangin ya kamu, semuanya," tegas polisi.

Penipu modus sumbangan masjid dapat untung Rp 700 ribu per hari (Instagram/jayalah.negeriku)
Penipu modus sumbangan masjid dapat untung Rp 700 ribu per hari

Polisi menunjukkan barang bukti yang didapatkan dari kedua pelaku berupa map berwarna biru yang berisi daftar nama donatur. Dalam map tersebut ada beberapa donatur yang memberikan sumbangan.

Nominal sumbangan yang diberikan cukup bervariasi. Mulai dari beberapa ribu hingga Rp 50 ribuan.

Penangkapan pelaku penipuan dengan modus sumbangan untuk masjid itu sontak mencuri perhatian publik. Banyak warganet yang mengaku sering menemui oknum-oknum seperti itu, mereka berharap para pelaku dihukum berat agar jera.

"Banyak orang gila mengatasnamakan agama," kata @m_yk_62.

"Gila, nggak takut dosa masuk neraka nih orang," ujar @elok677.

"Di daerah sini banyak nih min di deket kawasan mm21000 modus yang kayak gini bisa dijumpai setiap hari," ungkap @deni.lukman.355.

Sumber: suara.com 

Editor: suci.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!