HETANEWS.COM

Mendes: Realisasi Penyaluran BLT Dana Desa Sudah 97 Persen

Mendes Abdul Halim Iskandar saat menjadi keynote speech pada Kongres Kebudayaan Desa yang dilaksanakan secara virtual, Jakarta, Rabu (1/7). Foto: Kemendes PDTT

Jakarta, hetanews.com - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) masih terus menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) dari dana desa ke warga terdampak pandemi COVID-19. Hingga 8 Juli 2020, realisasi penyalurannya sudah 97 persen.

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menyebut BLT dana desa tersebut sudah disalurkan melalui 72.599 desa.

"Desa yang sudah salurkan BLT sampai 8 Juli (sebanyak) 72.599 desa, atau 97 persen dari 74.865 desa (yang sudah mendapatkan dana desa)," kata Abdul Halim Iskandar dalam rapat bersama KPK di Kementeri Desa PDTT, Kamis (9/7).

Ia mengatakan, basis penggunaan data 74.865 desa itu berdasarkan data desa yang sudah mendapatkan dana desa dari pemerintah pusat. Adapun seluruh desa di Indonesia yang seharusnya menerima dana desa adalah sebanyak 74,953.

Masih ada desa belum mendapatkan dana desa tersebut karena dinilai masih bermasalah secara administrasi. Misalnya di Kabupaten Konawe. Ada 52 desa yang rekeningnya masih diblokir oleh Kemendagri terkait permasalahan yang pernah terjadi.

"Sampai sekarang belum dibuka blokirnya, jadi belum bisa disalurkan (dana desa). Kemudian ada beberapa desa berbeda menurut nomenklaturnya. Menurut kabupaten nomenklaturnya desa, tapi menurut Kemendagri nomenklaturnya kelurahan," kata dia.

Dampaknya, desa-desa yang belum mendapatkan dana desa tersebut belum bisa menyalurkan BLT COVID-19 ke masyarakat.

Sementara, secara keseluruhan, anggaran dana desa pada 2020 mencapai Rp 71,9 trilun. Adapun alasan dana desa ini dijadikan BLT karena adanya COVID-19 yang menyerang Indonesia. Pemberian BLT tersebut untuk meningkatkan daya beli atau ketahanan masyarakat desa dalam hadapi pandemi.

"Dana desa yang selama ini belum dipakai untuk jaring pengaman sosial pada 2020 dimanfaatkan sebagai jaring pengaman sosial," kata dia.

Selain itu, secara garis besar, BLT sudah disalurkan oleh 97 persen desa penerima dana desa dan sudah dinikmati oleh lebih dari 7 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). "Keluarga Penerima Manfaat dana desa sampai 8 Juli 7.742.176 KPM," pungkas Abdul Halim.

sumber: kumparan.com

Editor: sella.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!