HETANEWS.COM

Alasan PDIP Pilih Nurdin Gantikan Rieke: Latar Belakang Polisi dan Disiplin

Jakarta, hetanews.com - Fraksi PDIP DPR telah menunjuk anggota Komisi III M Nurdin untuk menggantikan Rieke Diah Pitaloka sebagai wakil ketua Badan Legislasi (Baleg). Ketua Fraksi PDIP Utut Adianto menjelaskan, ada sejumlah alasan dan pertimbangan yang diambil untuk menunjuk legislator Jawa Barat itu.

Utut mengatakan, demi mengawal sejumlah pembahasan RUU seperti RUU Omnibus Law dan RUU Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP), partainya membutuhkan sosok M. Nurdin yang memiliki latar belakang seorang polisi. Dengan demikian, M. Nurdin diharapkan mampu mengawal seluruh proses yang ada.

"Pak Komjen M. Nurdin dengan latar belakang polisi yang tentu sangat paham (soal Pancasila). Beliau pernah jadi Kapolda 2 kali, tugas utamanya mengawal itu," kata Utut di Gedung DPR, Senayan, Kamis (9/7).

Meski begitu, Utut mengatakan, bukan berarti sosok Rieke dianggap tak mampu mengawal proses pembahasan sejumlah RUU. Namun, PDIP membutuhkan sosok yang dianggap lebih pas untuk mengawalnya.

"Apakah ini berarti Mbak Rieke dianggap tidak mampu, tidak. Tetapi ini memang konsekuensi yang kita harus tingkatkan pasukan sesuai dengan bidangnya," ucapnya.

Alasan PDIP Pilih Nurdin Gantikan Rieke: Latar Belakang Polisi dan Disiplin (1)
Ketua DPP PDIP Bambang Pacul. 

Senada dengan Utut, Sekretaris Fraksi PDIP Bambang Wuryanto mengatakan M. Nurdin merupakan sosok yang tepat untuk mengawal setiap proses pembahasan UU dalam Baleg, salah satunya Omnibus Law. Sebab, kata dia, M. Nurdin dinilai paham mengenai pasal dalam produk hukum dan memiliki disiplin tinggi.

"Siapa orang yang tepat, tentu kita cari orang yang paham pasal dan punya disiplin tinggi yang paham pasal dan disiplin tinggi, itu namanya Muhamad Nurdin, bukan yang lain tidak disiplin," ucap pria yang disapa Bambang Pacul itu.

"Begitu masuk (bab) tanah, Komisi II masuk, jadi ini pergeseran pasukan dari waktu ke waktu, akan terjadi. Oleh karena itu, kami butuh pemimpin yang confirm, punya disiplin kelas satu," lanjut dia.

Selain itu, Bambang Pacul menyebut M. Nurdin memiliki wawasan yang luas terhadap sejunlah permasalahan. Sehingga, diharapkan proses pembahasan RUU di Baleg berjalan dengan baik.

"Tapi beliau kepalanya di berbagai macam sektor pikirkan karena apa? Beliau Komjen bintang tiga sudah pernah jadi Kapolda dua kali. Artinya pemahaman secara utuh pada setiap persoalan clear," kata Pacul.

sumber: kumparan.com

Editor: sella.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!