HETANEWS.COM

Sempat Bikin Kaget Mendagri, Begini Suasana Ramai Medan di Tengah Corona

Suasana di salah satu taman di Medan.

Medan, hetanews.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengaku sempat kaget saat melihat suasana dan aktivitas warga Medan di tengah pandemi Corona. Sebenarnya, bagaimana kondisi di Medan saat ini?

Di sejumlah titik di Kota Medan, Rabu (8/7/2020), terlihat warga mulai beraktivitas seperti biasa lagi. Sejumlah kedai kopi yang awalnya menerapkan pembatasan jarak, kini sudah kembali seperti sebelum Corona merebak.

Kondisi jalanan di Kota Medan juga kembali macet. Padahal, saat pertama-tama Corona merebak, kondisi jalanan di Medan sempat sepi. Selain itu, taman yang ada di Medan juga mulai kembali dipadati warga.

Salah satunya di taman yang terletak di Jalan Gajah Mada, Medan. Sejak pukul 17.00 WIB, terlihat warga mulai memadati taman ini. Ada yang terlihat duduk santai di taman jogging, hingga bermain voli.

Mayoritas warga di taman ini tak menggunakan masker dan berkerumun tanpa memperhatikan pembatasan jarak. Salah satu warga, Imanuel, mengaku takut saat beraktivitas di luar rumah. Namun, dia mengatakan tetap keluar dan berusaha mematuhi imbauan pemerintah.

"Ya, biasa joging. Olahraga. Kalau rame-rame gini sebenarnya takut sih. Tapi kan ada panduannya juga, jaraknya satu meter," kata Imanuel.

Imanuel sendiri tak memakai masker karena sedang olahraga. Dia mengaku masker akan digunakan lagi jika olahraga telah selesai.

"Lagi olahraga, ya nggak pakai masker gitu kan. Pakai masker kan sesak nafas gitu," ujar Imanuel.

Dia menilai sebenarnya imbauan dari pemerintah untuk mencegah penyebaran Corona sudah cukup jelas. Meski demikian, imbauan tersebut menurutnya masih belum dipatuhi warga sepenuhnya.

"Sebenarnya sudah banyak cara yang dilakukan pemerintah. Tergantung kitanya sih sebagai masyarakat. Bagaimana sosial distancing, aturan pemerintah udah bagus, hanya saja kita yang kurang paham sama kondisi kita saat ini," sebut Imanuel.

Warga lainnya, Ibu Paulus, yang berjualan es kelapa di sekitaran taman mengaku pendapatannya menurun selama pandemi corona. Meski demikian, dia bersyukur karena aktivitas warga mulai kembali seperti dulu lagi.

"Ya, nggak bisa berkata kata lagi. Itu yang ada ya dinikmati aja," kata Ibu Paulus.

"Kadang-kadang Rp 100 ribu (sekarang). Dulu lumayan. Apa yang mau dibilang lagi. Nikmati dan syukur aja dengan apapun. Jualan berapa dapat dinikmati aja," sambungnya.

Sebelumnya, Mendagri Tito Karnavian mengaku kaget melihat aktivitas warga Kota Medan yang ramai di tengah pandemi Corona. Tito mengaku sempat bertanya kepada Gubsu Edy Rahmayadi apakah Medan sudah menerapkan new normal.

"Di beberapa daerah di Indonesia pun mereka melakukan pembatasan-pembatasan, tapi sudah mulai beradaptasi dengan kenormalan baru. Begitu masuk Medan, saya bisik-bisik ke Pak Gubernur, 'Di sini new normal ya?'," ujar Tito di Medan, Kamis (2/7).

Sumber: detik.com

Editor: tom.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!