HETANEWS.COM

Reinhard Sinaga Anggap Lumrah Ketidakhadiran Hefriansyah

Reinhard Sinaga SH

Siantar, hetanews.com - Kuasa hukum warga Gang Demak menganggap lumrah ketidakhadiran tergugat Wali Kota Hefriansyah, pada sidang perdana gugatan Class Action di Pengadilan Negeri (PN) Rabu (8/7/2020). 

Hal demikian diutarakan Reinhard Sinaga SH didampingi rekanya dari LBH Pematangsiantar usai persidangan. Bila sidang kedua tergugat tidak hadir, maka sidang selanjutnya, Hefriansyah dianggap tidak menggunakan haknya. 

“Itu masih lumrah, karena biasa sidang pertama pihak tergugat mungkin masih mencari-cari kuasa hukum. Kalau sidang kedua atau ketiga tergugat tidak hadir, dianggap tidak menggunakan haknya dalam perkara ini,” kata Reinhard Sinaga.

Reinhard menuturkan, pihaknya tidak mengetahui alasan ketidakhadiran Hefriansyah maupun kuasa hukumnya. Sebab mereka tidak menerima konfirmasi apapun soal itu.

“Sidang awal masih saling memeriksa berkas. Apakah memakai kuasa hukum atau tidak,” jelasnya.

Menurutnya, setelah tergugat hadir tidak menutup kemungkinan diarahkan mediasi. Sidang kedua dijadwalkan Rabu 15 Juli 2020 . “Majelis yang menyidangkan perkara ini akan menunjuk hakim mediator apakah dari luar atau dari dalam,” ungkapnya.

Baca juga: Hefriansyah Tidak Hadiri Sidang, Sekda Minta Jadwal Ulang

Warga korban Covid 19 menggugat Walikota Pematangsiantar Hefriansyah Noor, selaku Ketua GTPP Covid 19 Kota Pematangsiantar. Warga melakukan gugatan Class Action menuntut ganti rugi material Rp 118 Juta dan immaterial senilai Rp 11 Miliar serta pemulihan nama baik. 

Sebanyak 11 orang warga korban Covid 19 yang bermukim di Gang Demak, Kelurahan Martoba, Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematangsiantar, Sumut, merasa dirugikan atas pernyataan Gugus Tugas Percepatan Penangan (GTPP) Covid 19 Kota Pematangsiantar.

Warga korban Covid 19 ini didampingi oleh LBH Pematangsiantar mendaftarkan gugatan Class Action ke Pengadilan Negeri (PN) Pematangsiantar, pada Senin 26 Juni 2020, dengan nomor perkara 67/Pdt.G/2020/PN Pms. (Juindra)

Baca juga: Sidang Class Action Molor, Pejabat Pemko Datangi Kejari

Editor: edo.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!