HETANEWS.COM

Tarif Rapid Test Dibikin Mahal, dr Ronald Bilang Wacana

dr Ronal Saragih

Siantar, hetanews.com - Tarif rapid test Covid-19 jalur mandiri yang ditetapkan RSUD Djasamen Saragih tidak sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kemenkes. Belakangan dr Ronald menyebut tarif itu masih wacana.

Dalam SE Kemenkes No: HK.02.02/I/2875/2020 disebutkan bahwa biaya rapid test paling tinggi Rp150 ribu. Sementara keputusan RSUD Djasamen yang diteken dr Ronald, menetapkan tarif Rp 335 ribu.

"Kita masih belum melakukan rapid test kepada pasien mandiri. (Tarif)Yang di link FB (facebook) kita itu masih wacana saja, belum ada kita mengeluarkan biaya Rapid test," ucap dr Ronald dikonfirmasi Hetanews, Rabu (8/7/2020).

Baca juga: Terlalu Mahal, DPRD Minta RSUD Djasamen Saragih Kaji Ulang Biaya Rapid Test Covid-19

Padahal, dalam surat tertanggal 1 Juli 2020, merinci sejumlah biaya pemeriksaan laboratorium. Bahkan pemeriksaan untuk Tes Cepat Molekuler (TCM) Covid-19 sebesar Rp 1. 940.000. Mantan Juru Bicara GTPP Covid-19 Kota Siantar ini mengaku belum mengetahui SE Kemenkes RI.

“Surat dari kementerian kesehatan belum ada masuk secara resmi kepada kita. Tetapi kalau secara lisan sudah kita dengar," ucapnya Pria yang juga Kadis Kesehatan Siantar ini.

Dikonfirmasi lebih lanjut terkait biaya rapid test sesuai SE Kemenkes, dr Ronald mengatakan masih bingung untuk melaksanakannya. Menurutnya, biaya alat Rapid test saja sudah hampir Rp 200 ribu.

"Bagaimana kita menerapkannya. Untuk biaya alat Rapid test saja hampir Rp 200 ribu. Tapi kita tunggu lah surat resmi dari Kemenkes apakah dalam surat tersebut Kemenkes akan membagi alatnya kepada kita," ucapnya.

Kemenkes RI menetapkan batas tertinggi biaya Rapid test. Di dalam surat, Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes, Bambang Wibowo, menyebutkan batasan biaya rapid test ditentukan oleh pemerintah, karena harga yang beredar di masyarakat bervariasi. (Leonardo)

Baca juga: RSUD Djasamen Saragih Rilis Biaya Rapid Test Mandiri

Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan