HETANEWS.COM

Siput Bisa Tidur Selama Bertahun-tahun, Ternyata Ini yang Terjadi

Hetanews.com - Siput mungkin bisa ditemui di mana pun, tetapi tak ada yang mengira jika hewan kecil ini punya fakta-fakta unik.

Siput adalah nama umum yang diberikan untuk anggota kelas moluska Gastropoda. Keunikan pertama, siput ternyata merupakan hewan hermafrodit, yang berarti mereka memiliki organ reproduksi jantan dan betina. Keunikan kedua, siput punya lama waktu tidur yang mengejutkan.

Beberapa siput darat ternyata bisa hibernasi atau estivasi selama tiga tahun lamanya.

Mengapa bisa begitu? Jadi, siput membutuhkan kelembapan untuk bertahan hidup. Sehingga, saat cuaca tidak bersahabat siput bisa tidur hingga tiga tahun lamanya. Tergantung geografinya, siput bisa melakukan hibernasi yang terjadi saat musim dingin, atau estivasi yang dikenal tidur musim panas untuk membantu melepaskan diri dari iklim hangat.

Selama momen itu, siput akan mengeluarkan lendir di tubuhnya untuk melindungi diri dari cuaca kering dan panas.

Video

Untuk itulah, siput adalah hewan nokturnal yang aktif pada malam hari. Pada siang hari siput akan tertidur dan aktif di malam hari mencari makan ketika udara lembap.

Sementara spesies gurun, juga melakukan hal yang sama sebelum sekarat. Siput diketahui akan mengubur diri di tanah untuk mempertahankan kelembapan. Masa itu bisa terjadi selama tiga tahun karena menunggu suhu yang cocok.

Bisa tertidur lama, siput memiliki jangka waktu hidup dari lima tahun hingga 15 tahun.

Sumber: kumparan.com 

Editor: suci.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!