HETANEWS.COM

Jelang Pilkada, Menpan RB Singgung Netralitas ASN

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo. Foto: ANTARA / Puspa Perwitasari

Hetanews.com - Jelang pelaksanaan pilkada serentak 2020, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo menyinggung netralitas aparatur sipil negara (ASN). Dirinya menuturkan, banyak ASN di daerah yang memiliki jabatan ganda menjadi tim sukses calon kepala daerah.

"Banyak ASN yang punya jabatan gambling, lebih baik saya ikut tim sukses, siapa tahu tim sukses saya menang pemilu kepala daerah otomatis dia bisa dapat jabatan," ujar Tjahjo dalam rapat kerja dengan Komisi II di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, (6/7).

Tjahjo menjelaskan pihaknya kan memperketat netralitas ASN jelang pelaksanaan pilkada. Dirinya bahkan menyebut ada seorang gubernur yang ia kenal bisa menang denga mudah tanpa perlu kampanye karena pengaruh netralitas ASN.

"Saya kira nggak usah kampanye enak dua kali jadi itu enak. Ada teman saya begitu juga nggak kampanye pakai pola itu malah lebih dua periode saking enaknya dia setelah 10 tahun jadi kepala daerah," ungkap politikus PDIP ini.

Selain itu, Tjahjo juga mengatakan, ada juga Sekretaris Daerah (Sekda) yang berpihak saat Pilkada.Berkaca pada kasus demikian, KemenPAN-RB bersama Kemendagri, BKN, KPU, Bawaslu, dan KASN merumuskan format untuk menjaga dan mengawasi netralitas ASN saat Pilkada.

"Jadi netralitas ASN siapapun kepala daerahnya, dari partai manapun atau tidak ada partai, tapi ASN harus profesional," kata Tjahjo.

Sumber: mediaindonesia.com

Editor: tom.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!