HETANEWS.COM

Berkirim Surat Ke Jokowi Untuk Ringankan Hukuman Mati

Orang tua Jonatan Asdin Sihotang dan Maslina Nainggolan

Siantar, hetanews.com - Orang tua Jonatan Sihotang, TKI asal Kota Pematangsiantar yang diancam hukuman mati di Malaysia, mengirimkan surat kepada Presiden Jokowi untuk menuntut keringanan hukuman, Senin (6/7/2020).

"Melalui surat ini saya orang tua Jonatan Sihotang, bermohon kepada Presiden untuk meringankan hukuman yang dialami anak saya," kata Ayah Jonatan, Asdin Sihotang ditemui di kediaamanya di Jalan Damar Laut, Kecamatan Siantar Utara.

Ibu Jonatan, Maslina Nainggolan, berharap Presiden Jokowi membantu kasus yang menimpa anaknya serta diberi keringanan hukuman. 

"Saat ini Jonatan memiliki istri dan dua orang anak yang kami rawat disini. Kami sebagai orang tua berharap supaya anak kami diberi keringanan, cucu kami sangat merindukan Ayahnya," ungkapnya.

Parluhutan Banjarnahor SH, dari LBH Pematangsiantar yang mendampingi keluarga Jonatan Sihotang menuturkan, surat yang dilayangkan ke Presiden Jokowi dikirim via pos. 

"Harapan keluarga Jonatan, supaya Presiden meringankan hukuman. Kita juga berharap melalui hubungan bilateral yang baik antara Indonesia dan Malaysia, presiden Jokowi bisa membantu supaya Jonatan tidak dihukum mati," jelasnya.

Pengadilan Malaysia Menolak Permohonan 

Parluhutan menjelaskan, Kuasa Hukum yang menangani kasus Jonatan di Malaysia sudah dua kali melayangkan surat permohonan keringanan hukuman. Namun permohonan tersebut ditolak Pengadilan setempat. "Alasan penolakan tersebut tidak dibeberkan," jelas Banjarnahor.

Kasus yang menjerat Jonatan Sihotang hingga ancaman Hukuman Mati adalah melakukan pembunuhan terhadap seorang wanita, SSN (44) dan melukai YWK (14) dan SYJ (17) , di kilang Toto Food Trading No. 4897, Kampung Selamat, Tasek Gelugor, Malaysia, pada Rabu 19 Desember 2018. 

Jonotan tersulut emosi karena Majikannya itu sempat menghina dirinya, saat Jonatan minta upahnya selama satu tahun tidak dibayar penuh. Majikannya itu, juga mencampakan uang ke muka Jonatan.

Setelah kejadian itu, Ayah dua orang anak itu sempat melarikan diri. Pada Kamis 21 Desember, tepatnya di Pangsapury Mentary Court Appartement, Jalan PJS 8/9 46150 Petaling Jaya, Malaysia, Jonatan diamankan polisi setempat setelah bertemu dengan istrinya. 

Baca juga: Sempat Melarikan Diri, TKI Asal Siantar Ditangkap Polisi Malaysia

Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!