HETANEWS.COM

Warga Ramai Kunjungi Lokasi Wisata, Pengunjung Tak Bisa Dibendung

Pemandangan Danau Toba dari Huta Ginjang, Tapanuli Utara.

Tapanuli utara, hetanews.com - Sejumlah tempat wisata di Sumatera Utara mulai dikunjungi wisawatan. Mereka seolah tidak takut lagi dengan penyebaran COVID-19.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut, Ria Novida Telaumbanua mengatakan, saat ini sejumlah daerah wisata di Sumut, seperti Danau Toba, Brastagi dan lainnya sudah mulai ramai dikunjungi.

"Kita tidak bisa secara resmi menyampaikan ayo mari buka semua. Tidak bisa, harus bertahap. Tidak dibuka pasti masyarakat juga datang," katanya, Senin (6/7).

Ia mengatakan, setiap Kadis Pariwisata di setiap kabupaten/kota berkoordinasi dengan bupatinya soal tempat wisata mana yang dibuka dan uji coba dibuka.

"Kita tak bisa membendung orang yang datang, tapi kita harus mengingatkan tetap menjaga jarak, menggunakan masker dan lainnya," ujarnya.

Ia menjelaskan, umumnya masyarakat sudah terlalu lama berada di rumah akibat pandemi COVID-19.

Jika bupati mengeluarkan kebijakan untuk uji coba membuka, ia mempersilakan karena tentunya sudah dilakukan pembicaraan.

“Jika kebijakan untuk Sumut, Pak Gubernur mengkomunikasikannya dengan Kemendagri. Kan ada kebijakan dan pedoman. Dikirim pusat, lalu pusat akan sampaikan pandangan-pandangannya," jelasnya.

Ia menjelaskan, pihaknya tidak bisa membatasi wisatawan yang datang. Apalagi yang memiliki destinasi merupakan adalah kabupaten/kota. Gubernur, Menteri, maupun presiden memberikan arahan secara general.

"Apapun ceritanya kita dalam masa transisi. Tak bisa ditutup seterusnya. Namun harus mengikuti dengan protokol kesehatan," pungkasnya.

Sumber: kumpran.com 

Editor: Suci Damanik.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!