HETANEWS.COM

3 Budaya Sumatra Barat yang Diperkenalkan ke Gordon Ramsay

William Wongso dan Gordon Ramsey. Foto: Twitter/gordonramsey

Tanah Datar, hetanews.com - Baru-baru ini nama koki kenamaan Gordon Ramsay dan rendang tengah naik daun lewat sebuah tayangan. Sebelumnya, ketahui dulu 3 budaya Sumatra Barat ini.

Gordon Ramsay tengah jadi perbincangan netizen Indonesia karena acaranya di National Geographic, Uncharted, akhirnya tayang Senin kemarin (29/6). Ada banyak hal menarik yang Ramsay temukan saat mengeksplor wilayah serta budaya Sumatera Barat. Ia didampingi pakar kuliner Indonesia, William Wongso.

Selain belajar mempelajari rendang di bawah asuhan sang legenda William Wongso. Ramsay juga berkenalan dengan sejumlah budaya dari Sumatera Barat.

1. Pacu Jawi

Pacu Jawi.
Foto: Adi Prima/d'Traveler

Dalam kunjungannya ke Sumatera Barat, Gordon Ramsay juga diajak melihat langsung budaya Pacu Jawi yang khas di Kabupaten Tanah Datar. Tak tanggung-tanggung, Ramsay bahkan juga dipaksa ikut memainkan Pacu Jawi.

Bagi masyarakat minang di Kabupaten Tanah Datar, waktu usai panen menjadi momen untuk bersyukur dan berterima kasih atas hasil bumi yang melimpah. Ungkapan terima kasih itu pun dituangkan lewat tradisi Pacu Jawi atau balap sapi.

2. Rendang

Kuliner rendang.
Foto: Istimewa

Rendang menjadi fokus penjelajahan Gordon Ramsay di Sumatera Barat. Ia ditantang William Wongso untuk membuat sajian rendang terbaik yang akan disuguhkan pada gubernur Sumatera Barat.

Sebelumnya Ramsay mencari daging sapi terbaik di arena Pacu Jawi sampai mendatangi pasar tradisional untuk mencari bumbu rendang autentik. Ramsay bahkan tak ragu belajar mengulek bumbu halus dengan cobek. "Ini seperti olahraga," kata Ramsay saat mengulek.

3. Makan Bajamba

Makan bajamba.
Foto: InilahTrip

Orang Sumatera Barat terbiasa makan beramai-ramai dengan aneka lauk dan santapan. Tradisi makan besar itu pun dikenal dengan istilah makan Bajamba. Tradisi makan besar ini pun juga diikuti oleh Ramsay. Diketahui, Makan Bajamba merupakan sebuah prosesi makan tradisional yang juga prosesi adat.

Proses makannya adalah makan bersama dengan hidangan makanan khas dan tradisional setempat yang disediakan dalam bentuk dulang. Dalam satu dulang itu diisi kurang lebih tujuh sampai 10 makanan tradisional.  Umumnya satu dulang itu dinikmati empat sampai lima orang. Konsepnya adalah makan bersama sebagai ajang silaturahmi

Itulah beberapa budaya khas Sumatera Barat yang ditemui oleh Gordon Ramsay dalam acara National Geographic, Uncharted. Sekiranya kunjungan Ramsay ke Indonesia tak hanya bisa mempromosikan budaya Sumatera Barat, tapi menumbuhkan kecintaan kita akan budaya sendiri.

Sumber: detik.com

Editor: tom.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!