HETANEWS.COM

Umat Hindu Sembahyang dengan Protokol Kesehatan

JAGA JARAK: Suasana persembahyangan Hari Suci Saraswati yang berlangsung di Pura Jagatnata, Denpasar, Bali, Sabtu (4/7).

Bali, hetanews.com - Hari Suci Saraswati berlangsung di tengah pandemi Covid-19 kemarin (4/7). Umat Hindu yang datang ke pura untuk melakukan ibadat perayaan hari turunnya ilmu pengetahuan itu menerapkan dengan ketat protokol kesehatan yang diwajibkan.

Misalnya yang terlihat di Pura Jagatnata, Denpasar. Umat yang hendak sembahyang wajib terlebih dulu mencuci tangan dengan sabun yang telah disediakan. Juga melewati cek suhu di pintu masuk.

Di dalam para umat wajib menjaga jarak sekitar 1,5 meter. Supaya tidak sampai terjadi kerumunan, antrean masuk ke pura diatur dengan baik. Maksimal hanya boleh 25 orang yang berdoa. Setelah itu bisa bergantian dengan lainnya. Semua kegiatan tersebut dijaga para pecalang.

”Semoga ini menjadi momentum perenungan sekaligus mengaktualisasikan tentang turunnya ilmu pengetahuan suci ke muka bumi ini,” kata I Made Rentin, sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Bali.

Rentin menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan mencegah penularan virus korona baru kepada para pengurus pura. Termasuk di antaranya menyampaikan peraturan gubernur bahwa kapasitas ibadah dibatasi maksimal 30 persen dari kondisi normal.

Sumber: jawapos.com

Editor: suci.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!