Medan, hetanews.com - Sejumlah peternak babi di kawasan Jalan Selambo, Kecamatan Patumbak, Medan, Sumatera Utara (Sumut) tampak rajin membersihkan kandang. Selain itu mereka juga menyemprotkan disinfektan alami untuk mencegah berkembangnya virus flu babi G4.

Pembersihan kandang tak hanya dilakukan peternak tapi juga pedagang babi. Padahal hingga saat ini, virus flu babi G4 belum ditemukan di Sumut.

Salah satu peternak dan pedagang babi, Hasan Sihombing mengatakan, dirinya rutin menyemprotkan disinfektan sekali sehari. Disinfektan yang dia pakai juga alami karena terbuat dari daun serai.

"Selain semprot disinfektan, babi juga rutin dimandikan dua kali sehari," katanya, Jumat (3/7/2020).

Selain itu, guna memperkuat daya tahan tubuh babi, peternak menambah gizi pada menu makanan yang diberikan. Dia berharap dengan upaya-upaya ini, dapat menjaga kesehatan babi dari penyakit.

Selain itu, dia juga berharap adanya virus baru yang menyerang hewan babi ini tidak menyebar ke wilayah Sumut. Hal ini mengingat hampir seluruh peternak babi pernah mengalami kerugian akibat virus hog kolera dan asf beberapa waktu lalu.

Hingga saat ini, Hasan mengaku belum ada sosialisasi terkait virus flu babi G4 tersebut. Yang dia tahu, babi yang terserang penyakit ini akan lemas dan enggan makan.

sumber: inews.id