HETANEWS.COM

Tato Yakuza ternyata Punya Makna Berbeda-beda, Bisa Mewakili Status, Kekuatan, dan Keluarga

Para lelaki memperlihatkan tato tradisional Jepang yang terkait dengan yakuza selama festival tahunan Sanja Matsuri di distrik Asakusa, Tokyo pada 20 Mei 2018. Foto: AFP/Behrouz Mehri

Hetanews.com - Hampir semua orang mengenai para gangster Yakuza Jepang melalui tato di tubuhnya. Tato yang terukir di tubuh para anggota Yakuza tersebut ternyata bukan sembarang tato. Bahkan proses membuatnya pun tidak sembarangan menggunakan teknik khusus yang disebut dengan irezumi.

Irezumi dalam bahasa Jepang mengacu pada gaya tato tradisional yang disukai anggota Yakuza. Kata irezumi, memiliki makna pompa tinta, setiap tato memiliki makna berbeda, kebanyakan bersifat spiritual atau dekoratif.

Tato irezumi diciptakan menggunakan tangan secara manual, sehingga prosesnya mahal dan menyakitkan. Teknik ini sangat berbahaya, dan menyakitkan karena langsung dipompa pada kulit, dengan teknik ini juga bisa membuktikan keberanian kelompok Yakuza.

Ditato dengan teknik irezumi, Yakuza membuktikan keberanian mereka dan membuktikan uangnya melimpah. Harga untuk sekali tato dengan metode ini tidaklah murah, sementara menjadi seniman irezumi juga bukanlah hal yang mudah.

Dalam beberapa tahun mereka harus membersihkan ruangan, dan menyiapkan peralatan menghabiskan satu jam sehari untuk menyaksikan para ahli mentato. Ketika mereka sudah matang barulah, mereka diizinkan untuk menjadi seniman irezumi.

Seniman irezumi menggunakan bambu yang dicelupkan ke dalam tinta Nara, kemudian menusukkannya ke ke kulit kliennya. Metode ini sangat memakan waktu dan biaya butuh waktu 10 tahun untuk menyelesaikannya dan hanya untuk mentato geng Yakuza saja.

Dalam budaya Yakuza tato tersebut juga tidak sembarangan, setiap tato mewakili kekuatan, status, para pacar, istri, bahkan simpanan.

Yakuza yang mentato tubuhnya membuktikan kesetian, seperti para samurai yang ditato ketika mati, pakaian mereka dirampas, sehingga masih bisa mengindetifikasi diri. Di antara tato paling populer, dan khas adalah gambar naga, yang mewakili kekuatan, agresi dan uang.

Gambar tato Yakuza naga.
Foto: Daily Beast

Naga adalah makluk berbahaya tetapi bisa menyelamatkan dewa. Kedua adalah ikan koi, yang mewakili keberanian, dalam mitologi Jepang koi adalah ikan yang berenang untuk berubah menjadi naga.

Ketiga adalag burung phoenix, dalam budaya Yakuza ini melambangkan kelahiran kembali dan kemenangan. Terakhir adalah ular, gambar ini mewakili perlindungan terhadap kejahatan dan keinginan untuk kesehatan yang baik.

Gambar tato Yakuza Ikan Koi.
Foto: Daily Beast
Gambar tato Yakuza Oni.
Foto: ​​​​​Daily Beast

Selain tato binatang, ada pula tato tumbuhan dan Oni (iblis), diyakini tato Oni ini melambangkan bahwa Yakuza memiliki kekuatan yang didapatkan dari iblis. Diyakini, dalam budaya Jepang Oni menghukum setan lain dan menyebarkn penyakit kemana-mana.

Pada umumnya tato oleh kelompok Yakuza disembunyikan di bawah mantel mereka. hanya bagian tertentu yang tidak ditato, seperti bagian depan. Hal ini dilakukan untuk menyembunyika identitas mereka bahwa mereka adalah seorang Yakuza.

Sumber: intisari.grid.id

Editor: tom.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!