HETANEWS.COM

Didenda KPPU Rp30 Miliar, Grab lewat Hotman Paris Tempuh Jalur Hukum

Pengacara, Hotman Paris.

Jakarta, hetanews.com - PT Solusi Transportasi Indonesia (Grab) dan PT Teknologi Pengangkutan Indonesia (TPI) menunjuk Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea sebagai kuasa hukum untuk menindaklanjuti keputusan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Dua perusahaan ini dijatuhkan denda oleh KPPU masing-masing Rp30 miliar dan Rp19 miliar.

“Atas putusan KPPU tersebut, Grab dan TPI akan segera menempuh upaya hukum dengan mengajukan permohonan keberatan ke Pengadilan Negeri dalam jangka waktu yang diatur dalam peraturan perundang-undangan,” ujar Hotman, Jumat (3/7/2020).

Hotman menilai, keputusan KPPU ini merupakan preseden buruk bagi citra dunia usaha Indonesia di mata internasional. Di balik usaha pemerintah yang tengah menarik investor asing, KPPU justru menghukum Grab dan TPI.

“Keduanya telah menanamkan modal besar di Indonesia dan yang telah membuka lapangan pekerjaan yang sangat luas,” tutur Hotman.

Dia menuturkan, investor asing akan kehilangan minat untuk menanamkan modalnya di Indonesia jika menghukum investor asing tanpa dasar pertimbangan yang jelas dan tidak sesuai dengan temuan fakta hukum persidangan dengan denda yang jumlahnya fantastis. Menurut Hotman, koperasi mitra Grab di bawah sumpah di depan persidangan telah menerangkan tidak pernah merasa terdiskriminasi dengan hadirnya TPI.

Namun, KPPU tetap memaksakan untuk menyatakan Grab telah mendiskriminasi terhadap koperasi-koperasi tersebut tanpa dasar pertimbangan hukum yang jelas. “Mohon perhatian dan pengawasan Presiden Joko Widodo terhadap lembaga KPPU,” kata dia.

sumber: inews.id

Editor: sella.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!