HETANEWS.COM

Giveaway Milik Artis Rame-rame Dipertanyakan

Artis yang juga Youtuber Baim Wongs dengan subscriber sebanyak 12,6 juta orang kini menjadi youtuber dengan penghasilan tertinggi di Indonesia menurut socialblade.com pada Ramadan lalu. Foto: Instagram/@baimwong

Jakarta, hetanews.com - Ramainya konten giveaway yang dilakukan oleh sejumlah artis membuat beberapa pihak menduga bahwa itu adalah tipuan. Salah satu yang menyorotinya adalah penulis skenario berbagai sinetron, Andi Atthira. Ia mengatakan kalau giveaway tersebut adalah settingan.

"Sejak artis menjadi Youtuber, isi Youtube tidak lebih dari settingan jual beli barang dan mobil mewah, ngasih pekerjaan ke orang susah, drama receh, mendadak jadi malaikat penolong di jalan, bagi-bagi giveaway puluhan iphone terbaru. Padahal bullshit semua tuh. Jangan bilang nggak...!!!" tulisnya di Instagram pada Rabu, 1 Juli 2020.

Persoalan giweaway menjadi ramai sejak Nikita Mirzani memberikan sindiran soal artis yang banting stir menjadi Youtuber dan menggelar giveaway. Tapi, giveaway yang dimaksud ini terkadang tidak benar-benar terjadi atau jika benar hadiahnya dari sponsor. Telunjuk soal ini banyak mengarah ke salah satunya, Baim Wong. 

Andi menyayangkan Youtuber yang menjadi malaikat dalam konten reality show, namun tidak memperlakukan krunya dengan baik, salah satunya dibayar dengan nasi kotak. Andi berencana untuk membuat trobosan untuk membongkar konten giveaway yang sedang marak dilakukan oleh para public figure.

"Saya akan gerakkan seluruh media untuk membongkar settingan-settingan artis dan akun-akun yang memanfaatkan artis untuk giveaway bodong. Ini penipuan dan pembohongan publik. Artis harus berhenti giveaway karena akan terlibat secara hukum," tulisnya.

Ia ingin artis berhenti melakukan giveaway. Selain itu pernyataannya ini juga supaya masyarakat berhati-hati. "Stop Giveaway bodong. Artis jangan terlibat. Undang undangnya jelas...!!!

Jangan asal terima duit utk giveaway. Hampir semuanya bodong untuk jualan akun dan jualan followers. Waspada ya teman teman. Jangan jadi korban dan jangan terlibat...!!!!" tulisnya.

Pada unggahan berikutnya, Andi mengatakan kalau melakukan penipuan seperti itu bisa terjerat Undang Undang ITE dengan ancaman 6 tahun penjara dan atau denda Rp 1 miliar. Ia ingin mengingatkan rekan-rekan artis supaya tidak tidak asal dalam menerima program giveaway.

Karena dari penelusurannya ia menemukan penipuan gaya baru di mana tidak ada hadiah seperti yang dijanjikan dan bahkan ada yang harus membayar untuk mendapatkan hadiah bodong itu.

Sebelumnya, Ernest Prakasa juga mempertanyakan keaslian hadiah dari program giveaway yang dilakukan oleh public figure.

"Yang pada rajin bikin giveaway, gw cuma mau nanya, itu hadiahnya beneran dikasih kan? Ya iyalah ya, masa nggak beneran, nanti jadi penipuan dong ah," tulisnya di Twitter pada Selasa, 30 Juni 2020.

Baim Wong, salah satu selebritas sudah mengatakan jika giveaway yang ia laksanakan bukanlah bohongan. Sebab, ia tak mengeluarkan uang sepeser pun.

"Kita kasih tahu Bosquuuuueeee!!! Giveaway pakai duit sponsor nihhhh!!

Asik yaa punya sponsor!! Kita buktikan kalau giveaway mobil di bapau (Baim-Paula) bukan bohongan!!!," kata Baim di kanal YouTubenya, dikutip Kamis, 2 Juli 2020.

Sumber: tempo.co

Editor: tom.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!