HETANEWS.COM

RSUD Djasamen Saragih Rilis Biaya Rapid Test Mandiri

Plt Dirut RSUD Djasamen Saragih Siantar, dr Ronald Saragih.

Siantar, hetanews.com - RSUD Djasamen Saragih Siantar, merilis biaya rapid test Covid-19 secara mandiri. Disebutkan, untuk biaya rapid test secara mandiri, warga akan dikenakan tarif Rp 335 ribu, untuk Tes Cepat Molekuler (TCM) Rp 1.940 ribu, HIV Rapid senilai Rp 150 ribu, HIV Elis senilai Rp 350 ribu, analisa gas darah senilai Rp 315 ribu dan Tubex TD senilai Rp 210 ribu.

RSUD Djasamen Saragih juga mematok surat keterangan hasil kesehatan senilai Rp 50 ribu, biaya pendaftaran pasien baru Rp 10 ribu dan pendaftaran pasien lama Rp 5 ribu.

Soal biaya – biaya itu, dibenarkan Plt Dirut RSUD Djasamen Saragih Siantar, dr Ronald Saragih saat dikonfirmasi  hetanews.

"Jadi bukan untuk yang diperiksa oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Ini bagi yang butuh surat keterangan, seperti untuk dibawa dalam perjalanan,"ujar Ronald, Kamis (2/7/2020).

RSUD Djasamen Saragih Siantar, merilis biaya rapid test Covid-19 secara mandiri.

Ia menyampaikan, saat ini Manajemen RSUD Djasamen Saragih juga sedang menggodok regulasi dalam menerapkan biaya test Covid-19, sebelum akhirnya program ini dapat dinikmati masyarakat yang berkenan.

Di RSUD Djasamen Saragih Sudah Bisa Swab Test

Sementara itu, terkait penanganan virus corona oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Siantar, Ronald Saragih menyampaikan, bahwa RSUD Djasamen Saragih Siantar, sudah memiliki 40 alat swab test.

"Ada udah, tapi masih terbatas. Swab itu sudah bisa digunakan, sudah dilaunching hari ini. Tapi swab test ini, masih kita gunakan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Tanpa Gejala (OTG). Untuk umum belum bisa," jelasnya, sembari mengatakan, ke 40 swab test tersebut, datang dari pihak Kementerian.

Ronald mengaku tengah berupaya melengkapi sejumlah alat untuk memfungsikan swab test yang diberi oleh Kementerian Kesehatan itu. Katanya, beberapa cartridge dan regensia-nya masih dicari di pasaran.

Penulis: tim. Editor: gun.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!