HETANEWS.COM

Pemilik 2 Paket Sabu Ini Minta Keringanan Usai Diancam 6,6 Tahun Penjara

Siantar, hetanews.com - Ratahan Sinaga (42), warga jalan Wahidin, Kelurahan Dwikora, Kecamatan Siantar Barat, Kota Siantar, dituntut hukuman  6,6 tahun penjara, denda Rp800 juta, subsider 6 bulan penjara oleh jaksa, Ester Lauren.

Ancaman hukuman itu, dibacakan dalam persidangan, Kamis (2/7/2020), di Pengadilan Negeri (PN) Pematangsiantar yang digelar secara online.       

Terdakwa dipersalahkan jaksa, melanggar pasal 112 (1) UU RI No 35/2009 tentang tanpa hak atau melawan hukum memiliki narkotika golongan I bukan tanaman. Ratahan, terbukti memiliki 2 paket sabu, seberat 0,79 gram (bruto).        

Menurut jaksa, terdakwa ditangkap personil Satres Narkoba Polres Pematangsiantar, yaitu saksi From Siahaan, Dedi Siregar dan Imam W Nainggolan, di rumahnya, pada Senin, 24 Pebruari 2020, lalu.

Petugas yang telah mendapatkan informasi langsung melakukan penggerebekan.        

Dari rumah terdakwa, disita handphone Nokia, sabu, kaca pirex, bong dan mancis. Terdakwa bersama barang bukti, langsung diamankan ke Polresta Siantar. Barang bukti tersebut, dinyatakan dimusnahkan.          

Atas tuntutan jaksa, terdakwa didampingi pengacara, Dame Jonggi Gultom, secara lisan memohon kepada majelis hakim agar hukumannya diringankan. Dengan alasan menyesal dan berjanji tidak akan mengulangi lagi.           

"Saya menyesal pak hakim, saya mohon agar hukuman saya diringankan dan saya berjanji tidak akan mengulangi lagi,"katanya.          

Majelis hakim, pimpinan Danar Dono, menunda persidangan hingga Rabu mendatang untuk pembacaan vonis.

Penulis: ay. Editor: gun.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!