HETANEWS.COM

Minim Biaya, SMPN Di Siantar Terapkan PPDB Online

Siantar, hetanews.com -  Dari 13 jumlah SMP Negeri di Siantar hanya 11 sekolah yang siap membuka penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara online. Meski minim biaya, masing masing sekolah memfasilitasi pengadaan website pendaftaran dalam jaringan (daring) tersebut.

Kabid Pendidikan Dasar Disdik Siantar, Lusamti Simamora, mengatakan masing masing sekolah memfasilitasi website untuk PPDB. Bukan seperti PPDB tingkat SMA/SMK yang website pendaftaran siswa difasilitasi oleh Disdik Provinsi.

“Di Siantar ada 13 SMP Negeri. Jadi yang baru melaksanakan itu (pendaftaran sistem online) masih 11 sekolah,” jelas Lusamti, Senin (30/6/2020).

Sementara, kata dia, dua sekolah lagi yakni SMP Negeri 13 dan SMP Negeri 11 membuka PPDB secara manual. Disebabkan SMP 13 karena kondisi jaringan internet yang kurang memadai dan SMP 11 lokasinya jauh dari pemukiman warga. 

“SMP 11 dan SMP 13 tidak ikut online, karena jaringan tidak ada disana, di Gurilla. Di SMP 11 karena lokasi sekolah masalah lama, karena lokasinya gak ada angkot. Jadi orang itu malah mencari siswa disana. Jangankan dibuat online, didatangi ke rumah-rumah pun siswa harus dibujuk supaya mau sekolah disitu,” ungkapnya.

PPDB sistem online dilakukan sesuai dengan anjuran Kemendikbud, agar sedapat mungkin dilakukan secara daring untuk menghindari kerumunan di masa pandemi Covid 19. Begitupun, pendaftaran secara manual tetap diperbolehkan asal mengikuti protokol kesehatan.

“Anggaran pengadaan website disiapkan oleh sekolah. Jadi karena keterbatasan anggaran, mudah mudahan PPDB ini kita harapkan bisa mengakomodir dan berjalan dengan baik. Karena memang biayanya sangat minim, ini dari kebijakan sekolah,” kata Lusamti.

Penerimaan peserta didik baru tingkat TK, SD dan SMP Negeri se Siantar dimulai tanggal 1-7 Juli 2020. Hasil seleksi diumumkan secara serentak pada 9 Juli 2020. 

Baca juga: PPDB Di Siantar Dimulai 1 Juli 2020

Editor: edo.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!