HETANEWS.COM

Luhut Mau Ajak Pejabat Negara Beli Produk UMKM saat Sidang Kabinet

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

Jakarta, hetanews.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengajak seluruh pejabat negara belanja produk dalam negeri melalui aplikasi daring serentak pada awal Juli 2020. Khususnya dalam rangka pengadaan barang dan jasa.

Aksi ini dilakukan dalam rangka kampanye Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) yang diluncurkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pertengahan Mei lalu. Menurutnya gerakan ini sudah dikerjasamakan dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan e-commerce.

"Nanti kita mau launching aplikasi pengadaan langsung untuk UMKM, kerja sama LKPP dengan e-commerce, semua pejabat negara harus belanja online pada sidang kabinet paripurna," ungkap Luhut dalam keterangannya, dikutip Selasa (30/6/2020).

Dengan belanja produk UMKM, pejabat negara bisa menggunakan APBN untuk mendukung para pengusaha UMKM nasional.

"Ini meningkatkan belanja APBN untuk UMKM dan menunjukkan kampanye dukungan terhadap Gerakan Bangga Buatan Indonesia," pungkas Luhut.

Gerakan Bangga Buatan Indonesia sendiri menargetkan agar pengusaha UMKM bisa masuk ke sektor digital. Data pemerintah menyebutkan, ada 40 juta lebih UMKM di Indonesia. Sementara hanya 8 juta yang tergabung dalam ekosistem digital.

Melalui Gerakan Bangga Buatan Indonesia, pemerintah mematok target 2 juta UMKM gabung ke ekosistem digital pada Desember 2020 mendatang. Hingga kini, sudah ada 500 juta yang sudah bergabung.

"Sekarang integrasi e-learning sudah mulai dilakukan. Tapi resminya akan diluncurkan awal Juli mendatang sekaligus paralel dilakukan pelatihan dengan akses informasi pada situs bangga buatan Indonesia," ujar Luhut.

sumber: detik.com

Editor: sella.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!