HETANEWS.COM

Mengapa Air Laut Berwarna Biru? Ini Penjelasannya Menurut Sains

Justin Peter: Laut berwarna biru karena cara air menyerap cahaya, partikel-partikel dalam air menyebarkan cahaya, dan juga karena sebagian cahaya biru dari langit dipantulkan.

Hetanews.com - Seorang murid sekolah dasar di Neerim South, Australia, bertanya: apakah air benar-benar berwarna biru ataukah itu hanya pantulan dari langit?

Pertanyaan itu sungguh menjadi teka-teki yang kemudian mendorong penelitian fisika cahaya pada awal abad ke-20. 

"Jawaban singkatnya adalah laut berwarna biru akibat cara air menyerap cahaya, cara partikel-partikel dalam air menghamburkan cahaya, dan juga karena sebagian cahaya biru dari langit dipantulkan."

Dalam laman The Conversation Indonesia, Justin Peter, ilmuwan cuaca dari Australian Bureau of Meteorology, menjelaskan lebih jauh mengenai hal tersebut:

Dalam penjelasan Fisika, terdapat beberapa fakta menarik tentang cahaya. Cahaya yang kita lihat merupakan cahaya putih yang terdiri dari partikel sangat kecil yang disebut foton. Saking kecilnya, ukuranya lebih kecil dari atom. 

Partikel ini terbilang aneh karena saat kita mengukurnya, bentuknya terlihat seperti bola kecil dan terkadang seperti gelombang. Foton membuat cahaya putih dengan panjang gelombang yang berbeda.

Ada yang pendek dan panjang. Semuanya membentuk warna pelangi. Foton dengan panjang gelombang terpendek menampakan warna biru. Sedangkan foton dengan panjang gelombang yang terpanjang, berwarna merah.

Foton membentuk cahaya putih dari panjang gelombang yang berbeda.
Foto: WIkimediacommons via The Conversations Indonesia

"Saat cahaya jatuh di suatu benda, beberapa foton akan diserap; beberapa foton akan memantul--kita menyebut ini menghambur," ucap Peter. 

Lalu bagaimana air laut berwana biru? Peter mengatakan bahwa air laut tidaklah murni. Maksudnya, ia memiliki banyak hal yang larut di dalamnya. Seperti garam atau potongan mahluk yang telah mati.

Partikel-partikel itulah yang memantulkan sebagian cahaya sembelum sempat mengamburkan warna yang benar-benar biru. lalu, cahaya yang terhambur dari laut biasanya berwarna biru kehijauan.

Langit juga berperan terhadap warna laut menurut Peter. Karena biru langit dan laut memantulkan sebagian dari cahayanya.

"Singkatnya: laut berwarna biru karena cara air menyerap cahaya, cara partikel-partikel dalam air menyebarkan cahaya, dan juga karena pantulan cahaya biru dari langit," tutur Peter.

Peter menambahkan bahwa posisi matahari juga menjadi faktor. Ketika matahari bersinar cerah maka laut tampak lebih biru ketimbang malam hari, tampak bila laut berwarna hampir hitam pada malam.

Sumber: nationalgeographic.grid.id

Editor: tom.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!