HETANEWS.COM

PSSI Izinkan Klub Liga 1 Potong Gaji Pemain dan Pelatih

Marco Motta, pemain Persija Jakarta. Foto: Dok. Media Persija

Inggris, hetanews.com - Di tengah pandemi virus corona, PSSI telah mengambil keputusan untuk melanjutkan Liga 1 pada Oktober nanti. Salah satu yang kini menjadi pertanyaan adalah mengenai gaji pemain dan pelatih.

Seperti musim-musim sebelumnya, mayoritas klub Liga 1 mengontrak para pemain selama satu musim, sesuai dengan durasi kompetisi. Pada tahun ini, kompetisi yang dimulai pada Februari lalu, biasanya akan berakhir pada akhir tahun.

Namun, seiring kembali dilanjutkannya kompetisi setelah diberhentikan akibat pandemi, klub-klub Liga 1 dan 2 pun kini harus mengatur ulang terkait kontrak pemain dan pelatih.

Ketua Umum PSSI M. Iriawan menyatakan pihaknya mempersilahkan klub untuk bernegosiasi ulang perihal nilai kontrak. Tak hanya itu, Iwan Bule--sapaan akrab Iriawan--juga mengizinkan klub untuk memotong gaji pemain dan pelatih.

“Perubahan untuk nilai kontrak Liga 1 itu berkisar 50 persen dan Liga 2 sekitar 60 persen dari total nilai kontrak atau sekurang-kurangnya di atas upah minimum regional yang berlaku di daerah masing-masing domisili klub,” ujar Iwan Bule.

SQR - Pertemuan PSSI dengan Pelatih Timnas U 16
Ketua PSSI, Iwan Bule saat menghadiri pertemuan dengan pelatih Timnas U-16 Bima sakti. Foto: Dok. PSSI

“Karena buat pemain dan pelatih lebih baik kompetisi bergulir. Sekarang karena situasi mungkin tanpa penonton, bagi klub juga tidak bisa seperti biasa. Apalagi klub besar seperti Arema, Persebaya, Persib, dan Persija, pemasukan tiket ‘kan cukup besar,” lanjutnya.

Iwan Bule mengaku sebelum mengambil keputusan itu, PSSI telah berdiskusi dengan Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI) dan Asosiasi Pelatih Pesepak Bola Seluruh Indonesia (APPSI). Sesuai surat keputusan, klub bisa menerapkan penyesuaian kontrak satu bulan sebelum kompetisi berjalan.

sumber: kumparan.com

Editor: sella.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!